WRITING WORKSHOP OF SCIENTIFIC ARTICLES FOR SENIOR HIGH SCHOOL TEACHERS

Authors

  • Endang Purwaningsih Universitas Negeri Malang
  • Yessi Affriyenni Universitas Negeri Malang
  • Sentot Kusairi Universitas Negeri Malang
  • Sutopo Sutopo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v4i1.3421

Keywords:

Scientific Articles Workshop, Senior High School Teachers, Publication.

Abstract

Abstrak: Harapan akan meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia mulai terwujud sejak diberlakukannya program sertifikasi guru oleh pemerintah sebagai upaya peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru di Indonesia. Pemberlakuan kuota dan prioritas bagi guru yang telah memenuhi syarat minimal kualifikasi akademik dan masa kerja serta panjangnya antrian proses sertifikasi membuka kesempatan bagi guru-guru untuk mempersiapkan diri lebih dalam mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan dengan matang. Salah satu komponen portofolio yang harus disiapkan adalah karya pengembangan profesi dimana guru dituntut untuk menghasilkan karya tulis ilmiah. Untuk itu, workshop ini bertujuan untuk membantu guru melalui pendampingan penyusunan artikel ilmiah dan publikasinya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini tersusun dalam tiga kegiatan yakni persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam pelaksanaannya, kegiatan terdiri atas workshop sebanyak enam pertemuan, diskusi dan konsultasi secara daring, serta klinik penyempurnaan naskah artikel. Kegiatan dilaksanakan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Hasil luaran dari kegiatan ini adalah artikel ilmiah guru yang telah dikirimkan ke seminar maupun jurnal berskala nasional atau internasional.

Abstract:  The expectation on the improvement of education quality in Indonesia has started to be realized since the enactment of the Teacher Certification Program (TCP) by the government as an effort to improve teachers’ quality and prosperity in Indonesia. The implementation of quota and priority limitations for teachers who have met the minimum requirement either academically or based on years of service along with the long period of queue time for the certification process has opened the opportunity for the teachers to prepare themselves more carefully. One of the portfolio components that need to be prepared is the professional development papers where teachers are expected to write scientific papers. Hence, this workshop aims to help teachers through the writing assistance of scientific articles and publications. This community service consisted of three main activities including the preparation, the execution, and the evaluation. In the execution stage, the activities include six offline workshops, online discussion and consultation, and the clinic of article draft finishing. This workshop was held in Universitas Negeri Malang (UM) Laboratory Senior High School. Result outcome from this workshop is teachers’ scientific articles published either through national or international scale conferences or journals.

Author Biography

Yessi Affriyenni, Universitas Negeri Malang

Academic Staff, Science Education Study Program

References

Bertua, O., Purnama, H., & Ariga, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Kendala Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Dampaknya terhadap Motivasi Meneliti oleh Guru di SMP se-Kecamatan Medan Selayang. 71–77. http://digilib.unimed.ac.id/38762/

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor Per/16/M.PAN-RB/11/2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pub. L. No. PER/16/M.PAN-RB/11/2009 (2009). https://jdih.bkn.go.id/ildis/www/storage/document/PERMENPAN NOMOR PER 16 M.PAN-RB 11 2009@JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDITNYA.pdf

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Fitria, H., Kristiawan, M., Rahmat, N., Pendidikan, J. M., Palembang, K., Pendidikan, J. I., Bengkulu, U., Limun, K., Hulu, M. B., Bengkulu, K., Pendidikan, J. M., & Palembang, K. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU. 4(1), 14–25. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/ABD/article/viewFile/2690/2651

Ginting, A. (2010). ESENSI PRAKTIS BELAJAR DAN PEMBELAJARAN: Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Humaniora Utama Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=sQC_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=sertifikasi+guru&ots=7d590jtCJu&sig=7LC7NOVANz1benvgL1mJ0Qk6wsA&redir_esc=y#v=onepage&q=sertifikasi guru&f=false

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Istiarini, R., & Sukanti, S. (2012). Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 98–113. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.924

Khoiri, N., N. M., N. A., Ariyanto, D., & Ariesta, R. (2011). Manfaat Workshop Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Kelompok Kerja Guru Gugus Sekolah Satriyo Utomo Kecamatan Ngawen Blora Tahun 2010. E-Dimas, 2(1), 78. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v2i1.97

Kurniawan, B. D. (2011). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Profesionalitas Guru Di Kota Yogyakarta. Journal of Government and Politics, 2(2), 259–278. https://doi.org/10.18196/jgp.2011.0015

Pathuddin, P., Linawati, L., & Hamid, A. (2018). PKM Pelatihan Dan Workshop Penyusunan Dan Publikasi Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Kemampuan Profesionalisme Guru SD Di Kecamatan Banawa Selatan. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 2(2), 78. https://doi.org/10.36339/je.v2i2.157

Prayitno, S. A., Pribadi, H. P., Ifadah, R. A., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F., Fisioterapi, P. S., & Kesehatan, F. (2020). DedikasiMU (Journal of Community Service) Volume 2, Nomor 3, September 2020 PERAN SERTA DALAM MELAKSANAKAN PROTOKOL PENCEGAHAN PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) PADA MASYARAKAT. 2(September), 504–510.

Purwaningsih, E., & Kurniawan, B. R. (2020). KLINIK PENULISAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN FISIKA. 3(2), 348–355.

Siregar, E. (2014). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS Ellys Siregar,M.Pd Abstrak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(September). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/3398/3055

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zahro, U. L., Serevina, V., & Astra, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 4–9. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4906

Zulkifli, M., Darmawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 148–155. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.379

Downloads

Published

2021-01-22

Issue

Section

Articles