INSTRUCTIONAL LEARNING DEVELOPMENT ASSISTANCE PROGRAM FOR ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS THROUGH ASSISTED SCHOOL PROGRAM

Authors

  • Pradipta Annurwanda STKIP Pamane Talino http://orcid.org/0000-0002-8197-096X
  • Rahmat Winata STKIP Pamane Talino
  • Siti Suprihatiningsih STKIP Pamane Talino
  • Rizki Nurhana Friantini STKIP Pamane Talino
  • Bernadeta Ritawati STKIP Pamane Talino
  • Rian Rian STKIP Pamane Talino

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v4i2.4109

Keywords:

Assistance Activities, Learning Tools, Elementary School Teachers.

Abstract

Abstrak: Seorang guru dituntut untuk mampu menyusun tujuan pembelajaran secara jelas dan lugas agar proses pembelajaran dapat terkonsepsikan dengan baik. Namun beberapa guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan pedoman yang ada. Hal ini mengakibatkan guru belum sepenuhnya menjadikan perangkat pembelajarannya sebagai kendali dan pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di SDN 04 Sepahat, Menjalin, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat selama 10 bulan yaitu dari tanggal 30 Januari 2020 sampai dengan 30 November 2020. Peserta pendampingan adalah 9 guru tingkat sekolah dasar. Metode pelaksanaan kegiatan pendampingan terbagi menjadi 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Selain itu, kegiatan pendampingan ini menambah pengalaman, wawasan dan pengetahuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran mendapatkan respon positif dari guru.

Abstract: A teacher is required to be able to formulate clear and straightforward learning objectives so that the learning process can be well conceptualized. However, some teachers still have difficulty arranging learning tools. This results in teachers not yet perfect in making learning tools as control and implementing them in classroom learning. Therefore this mentoring activity aims to improve the ability of teachers to arrange learning tools. This mentoring activity was carried out at SDN 04 Sepahat, Menjalin, Landak Regency, West Kalimantan for 10 months, from January 30 to November 30, 2020. Mentoring participants were 9 elementary school level teachers. The method of implementing mentoring activities is divided into 3 stages of preparation, implementation, and evaluation. The results of this activity indicate that the increase in the ability of teachers to arrange learning tools. Besides, this mentoring activity adds to the experience, insight, and knowledge of teachers in preparing learning tools. The implementation of assistance activities for the preparation of learning tools received a positive response from the teacher.

References

Aminudin. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Membuat Perangkat Pembelajaran Melalui Pendampingan di SMP Negeri 2 Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 687–699.

Bhargava, A. (2011). Perception of Student Teachers about Teaching Competencies. In American International Journal of Contemporary Research (Vol. 1, Issue 1). www.aijcrnet.com

Dian, K., & Sri, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU, 4(1), 38–50. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/71/61

Friantini, R. N., Winata, R., Annurwanda, P., Suprihatiningsih, S., Annur, M. F., Ritawati, B., & Iren. (2020). Penguatan Konsep Matematika Dasar Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 276–285. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.55

Karma, I. N., Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., & ... (2019). … Penyusunan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Berbasis Scientific Approach Dan Contextual Learning Dalam K-13. Prosiding …, 1(September), 136–143. http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingpepadu/article/view/22

Khotimah, R. P., Masduki, & N, S. (2017). Pakom Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study. Warta LPM, 20(1), 24–31. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2854

Kurwidaria, F., Sumarwati, & Wardani, N. E. (2019). Model Pelatihan Penyusunan Perangkat. Varia Pendidikan, 31(1), 8–16.

Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.625

Malahayati, E. N., & Sholihah, M. (2020). Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Melalui Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan penilaian HOTS ( Improve teacher teaching skills throughassistance in the preparation of learning tools and HOTS assessment ) 2013 revisi adalah guru harus . 6, 423–433.

Muamaroh. (2019). PAKOM APLIKASI COOPERATIVE LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH SE-SURAKARTA. Warta LPM, 53(9), 1689–1699.

Nuris, D. M., Suparti, & Sulastri. (2018). PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TIK BAGI GURU AKUNTANSI SMK. DINAMISIA, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 256–260. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/1819/1363

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13–22. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1429/1218

Suprihatiningsih, S., Annurwanda, P., Pendidikan Matematika, D., Pamane Talino, S., & Barat, K. (2019). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 57–63. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/index

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2019). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(2), 63–68. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/6349

Zein, M. (2016). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN. In Inspiratif Pendidikan (Vol. 5, Issue 2). http://103.55.216.56/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480

Downloads

Published

2021-04-22

Issue

Section

Articles