PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATERI KALKULUS MELALUI PELATIHAN SOFTWARE MAPLE
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v4i4.5335Keywords:
student understanding, calculus, Maple softwareAbstract
Abstrak: Hasil pre-test yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal mata kuliah Kalkulus Diferensial masih di bawah rata-rata. Oleh sebab itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan media pembelajaran berupa software Maple sebagai upaya peningkatan pemahaman mahasiswa. Kegiatan ini diikuti oleh 81 mahasiswa semester awal. Kegiatan dilakukan melalui 3 tahapan yakni pre-test, penyampaian materi dan praktik meliputi penggunaan operator aritmatika dan fungsi pada worksheet, expressions, dan penggunaan tools tutors dalam penyelesaikan persoalan limit dan turunan, terakhir post-test berupa angket yang terdiri dari 6 soal. Kegiatan berjalan dengan baik dengan hasil post-test sebesar 73,11% mahasiswa memahami cara penggunaan dan penyelesaian persoalan kalkulus menggunakan Maple.
Â
Abstract:Â The results of pre-tests that have been done show that the completion of classical courses in Differential Calculus is still below average. Therefore, this activity aims to introduce learning media in the form of Maple software as an effort to improve student understanding. This activity was attended by 81 early semester students. Activities are carried out through 3 stages, namely pre-test, submission of materials and practices including the use of arithmetic operators and functions in worksheets, expressions, and the use of tutors tools in solving limit and derivative problems, the last post-test in the form of questionnaires consisting of 6 questions. The activity went well with post-test results of 73,11% of students understanding how to use and solve calculus problems using Maple.
References
Andriani, S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Kalkulus Melalui Program Maple untuk Meningkatkan Penalaran dan Representasi Mahasiswa. Atikan: Jurnal Kajian Pendidikan, 2(2), 295–312.
Andy Purnomo, E., & Rohman, A. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pbl) Berbasis Maple Matakuliah Kalkulus Lanjut Ii. Jkpm, 2(2), 20–24.
Bien, Y. I., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Integral Berbasis Maple untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3404
Indrajaya, U. (2014). Upaya meningkatkan pemahaman kalkulus melalui pembelajaran berbantuan maple pada mahasiswa teknik informatika AMIK Garut. Jurnal Wawasan Ilmiah, 5(10), 38–52.
Kristayulita, K. (2011). Pemahaman Konsep turunan dengan menggunakan software maple pada mahasiswa jurusan tadris matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 87–100.
Marsitin, Retno; Rahayu sesanti, N. (2016). Pelatihan Software Matematika Maple bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malange. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2016, 204–208.
Ningsih, Y. L., & Paradesa, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa melalui pembelajaran kalkulus integral berbasis Maple. Jurnal Dosen ….
Panjaitan, A. C. (2019). Peranan Representasi Berbantuan Software Maple Pada Pembelajaran Mata Kuliah Kalkulus. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 132–138. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1288
Paradesa, R., & Ningsih, Y. L. (2017). Pembelajaran Matematika Berbantuan Maple Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 70–81. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1442
Parma, P., & Saparwadi, L. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Komputer melalui Program Maple di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 37. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.80
Puspadewi, K. R., & Atmaja, I. M. D. (2015). Pemanfaatan Program Aplikasi Maple Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Kalkulus I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mahasaraswati Denpasar Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bakti Saraswati, 04(01), 40–48.
Saparwadi, L. (2018). Kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam memahami konsep kalkulus diferensial dan kalkulus integral dengan menggunakan Maple. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.30738/.v6i2.2630
Saparwadi, L., & Yuwono, T. (2019). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Sofware Maple: Studi Perbedaan Hasil Kerja Mahasiswa dengan Menggunakan Maple dan Tanpa Menggunakan Maple. Jurnal Elemen, 5(1), 23. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.722
Widiastuti, T. T., & Hidayanto, M. N. (2018). Pembelajaran Kalkulus Sma Dengan Menggunakan Software Maple 13. Al-Khidmat, 1(2), 89–96. https://doi.org/10.15575/jak.v1i2.3339
Yenti, I. N. (2016). Hasil Perancangan Modul Kalkulus Dasar Dan Lanjut Dengan Menggunakan Maple 14. Ta’dib, 19(1), 49. https://doi.org/10.31958/jt.v19i1.450
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).