DEVELOPMENT OF ANTENATAL CARE AND PRENATAL YOGA CLASSES FOR PREGNANT WOMEN IN MIDWIFE CLINICS DURING THE COVID-19 PANDEMIC
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v4i3.5570Keywords:
Pembinaan, Kelas ANC, Prenatal Yoga, Ibu Hamil.Abstract
Abstrak: Banyaknya komplikasi yang terjadi pada ibu maternal, maka sejak dari  kehamilan sangat diperlukan pengawasan Ante Natal Care (ANC) dengan baik dan tepat, apalagi dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini menyebabkan bangsa Indonesia mesti memulai beradaptasi dengan kebiasaan baru agar tetap dapat hidup sehat. Perlu upaya peningkatan kualitas pelayanan ANC yang dapat diterapkan dalam masa pandemic COVID-19 dalam memperbaiki dan mencegah timbulnya masalah komplikasi selama kehamilan, yang dapat dilakukan melalui Kelas ANC secara berkelompok sebagai sarana belajar bersama tentang kesehatan ibu hamil. Tujuan kegiatan PKM ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan,  persalinan, nifas, bayi baru lahir dan meningkatkan kesehatan ibu hamil dengan Prenatal Yoga selama masa pandemic ini. Pelaksanaannya di Klinik Bidan Praktek Mandiri Islah Wahyuni desa Kualu Kampar oleh tim PKM dosen Prodi Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan beserta mahasiswa. Teknis pelaksanaannya luring tatap muka dan dilanjutkan online via WhatsApps. Keberhasilan kegiatan PKM tampak dari antusias ibu hamil dalam bertanya seputar masalah kebutuhan Yoga selama hamil dan respon ibu hamil dalam melakukan ulang latihan Prenatal Yoga saat dirumah mereka, ibu hamil tertarik dan sadar akan pentingnya kegiatan kelas ANC dan Prenatal Yoga ini dalam menjawab masalah dan kebutuhan mereka saat hamil masa pandemic ini.Â
Abstract:  Many complications that occur in maternal, Ante Natal Care (ANC) supervision is needed, especially in the current situation of the COVID-19 pandemic which causes the Indonesian people to start adapting to new habits. An effort is needed to improve the quality of ANC services that can be applied during the COVID-19 pandemic to improve and prevent complications, which can be done through group ANC classes, as a means of learning together about the health of pregnant women. The purpose of PKM is to increase the knowledge, skills of mothers regarding pregnancy, childbirth, postpartum, newborns and improve the health of pregnant women with Prenatal Yoga during pandemic. The implementation at the Islah Wahyuni Independent Practice Midwife Clinic, by PKM team of lecturers and students of Program Study Midwifery. The technical implementation by face-to-face and continued online via WhatsApps. The result of PKM   can be seen from the enthusiasm of pregnant women in asking questions about the problem of yoga needs during pregnancy and the response of participants in re-practicing Prenatal Yoga at their home, pregnant women are interested and aware of the importance of  ANC and Prenatal Yoga classes in answering their problems and needs. when pregnant during this pandemic.
References
Anantasari, R., Dwi R, N. W., & Gunawan. (2012). Hipnosis Dalam Mengurangi Cemas dan Nyeri Antenatal. Hipnosis Dalam Mengurangi Rasa Cemas Dan Nyeri Antenatal, 3(2), 189–196.
Aritonang, J., Nugraeny, L., Sumiatik, & Siregar, R. N. (2020). Peningkatan Pemahaman Kesehatan pada Ibu hamil dalam Upaya Pencegahan COVID-19. Jurnal SOLMA, 9(2), 261–269. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5522
Babbar, S., & Shyken, J. (2016). Yoga in pregnancy. Clinical Obstetrics and Gynecology, 59(3), 600–612. https://doi.org/10.1097/GRF.0000000000000210
Devi Mediarti, Sulaiman, Rosnani, J. (2014). Pengaruh Yoga Kehamilan Terhadap Pengurangan Keluhan Fisik Ibu Hamil Trimester Iii. KEDOKTERAN DAN KESEHATAN, 1(1), 47–53. https://doi.org/10.35906/vom.v9i1.91
Grace Y Lee, B. S. K. (2013). Fetuses respond to Father ’ s Voice but prefer mother ’ s voice after birth. 2013.
Hepper, P. (2005). Unravelling our beginnings. Psychologist, 18(8), 474–477.
Hub, K. (2020). Pelayanan ANC pada masa pandemi COVID-19.
Islah, W. (2020). Perilaku Perawatan Luka Perinium , Pola Hidup Sehat dan Kondisi Partum memberikan kontribusi kesakitan dan kematian Ini menunjukkan infeksi postpartum pada ibu merupakan komplikasi yang dapat terjadi dari Wabah pandemic Covid-19 yang berkembang saat ini s. Jurnal Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan, 7(2), 65–78.
Islami, I., & Ariyanti, T. (2019). Prenatal Yoga Dan Kondisi Kesehatan Ibu Hamil. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 49. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.623
Kemenkes RI. (2020). Pedoman pelayanan antenatal, persalinan, nifas, dan bayi baru lahir di Era Adaptasi Baru.
Kurnia Widya Wati, N. W., Supiyati, S., & Jannah, K. (2018). Pengaruh Senam Yoga terhadap Kesiapan Fisik dan Psikologis dalam Menghadapi Persalinan di BPM Lasmitasari, S.ST. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 14(1), 39. https://doi.org/10.24853/jkk.14.1.39-47
Lestaluhu, V., Indrawan, I. W. A., & Andarini, S. (2018). Kombinasi Diskusi Kelompok Kecil dan Pemodelan sebagai Metode Alternatif untuk Menurunkan Kecemasan Primigravida Menghadapi Persalinan. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 30(2), 148. https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2018.030.02.13
Linda Andri Mustofa, D. (2019). Kelas Ibu Hamil Untuk Memantau Capaian Kunjungan K4 (Kemilau Kupat) Sebagai Intervensi Inovatif Dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Ibu Dan Anak. 4, 10–17.
Maisuri T. Chalid. (2016). Asuhan Antenatal Berkualitas : ANC Terpadu. Jurnal Universitas Hasanudin Departemen Obstetri Dan Ginekologi.
Novelia, S., Sitanggang, T. W., & Lutfiyanti, A. (2019). The Effect of Yoga Relaxation on Anxiety Levels among Pregnant Women. Nurse Media Journal of Nursing, 8(2), 86. https://doi.org/10.14710/nmjn.v8i2.19111
NW Ariyani , NN Suindri, N. B. (2012). Pengaruh pelaksanaan kelas Antenatal Terhadap Perilaku Ibu Hamil. Skala Husada, 9, 10–15.
Oktaviani, I. (2018). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Audiovisual Terhadap Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Besi Di Puskesmas Paliyan Gunungkidul Tahun 2018. Skripsi. Retrieved from http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1693/
Ristekdikti. (2018). Vol.8.I.2018 1. Media Pustakawan, 8, 1–56.
Said, A., Budiati, I., Reagan, H. A., & Dkk. (2016). Potret awal tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di Indonesia. In Katalog BPS. Retrieved from https://filantropi.or.id/pubs/uploads/files/3 BPS Potret Awal TPB di Indonesia.pdf
Sari, A. A., & Puspitasari, D. (2016). Hubungan Senam Yoga Dengan Kesiapan Fisik Dan Psikologis Ibu Hamil Dalam Menghadapi Persalinan Di Kelas Antepartum Gentle Yoga Yogyakarta. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2), 207–211. https://doi.org/10.37341/interest.v5i2.56
Sheffield, K. M., & Woods-Giscombé, C. L. (2016). Efficacy, Feasibility, and Acceptability of Perinatal Yoga on Women’s Mental Health and Well-Being: A Systematic Literature Review. Journal of Holistic Nursing, 34(1), 64–79. https://doi.org/10.1177/0898010115577976
Siagian, N. A., Sihombing, T. E., Manalu, A. B., Yanti, M. D., & Ariescha, P. A. Y. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Program Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Manfaat Anc Di Desa Mekar Sari Kecamatan Delitua Kabupaten Deliserdang Tahun 2019. Jurnal Kebidanan Kestra (Jkk), 2(2), 172–177. https://doi.org/10.35451/jkk.v2i2.380
Susiana, S. (2019). Angka Kematian Ibu : Faktor Penyebab Dan Upaya Penanganannya.
Uktutias, S. A. M., Pratiwi, N. L., & Purnomo, W. (2018). Pengaruh Kesadaran Situasi Ibu Hamil Dengan Frekuensi Kunjungan Antenatal Di Wilayah Kerja Puskesmas Waru Kabupaten Pamekasan Tahun 2016. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(1), 15–21. https://doi.org/10.22435/hsr.v21i1.89
Ventura, T., Gomes, M. C., & Neto, M. T. (2013). Health benefits for the mother and child from music intervention in pregnancy. Music: Social Impacts, Health Benefits and Perspectives, (January), 217–232.
Wadhwa, Y., Alghadir, A. H., & Iqbal, Z. A. (2020). Effect of antenatal exercises, including yoga, on the course of labor, delivery and pregnancy: A retrospective study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(15), 1–11. https://doi.org/10.3390/ijerph17155274
Wahyuni, I. (2021). Pemanfaatan WhatsApp dalam Pemantauan Pola Tumbuh Kembang Bayi dan Balita Masa Pandemi Covid-19. Jurnal ABDIMAS-HIP, 2(1), 14–27. Retrieved from http://akbidhipekalongan.ac.id/e-journal/index.php/abdimaship/article/view/126
Yusmita, M., Larisu, Z., & Saidin. (2014). Pemanfaatan WhatsApp Messenger Sebagai Media Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi *Mei Yusmita ** Dr. Zulfiah Larisu, S.Sos, M.Si., *** Saidin, S.Ip, M.Si. 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).