BIMBINGAN TEKNIS PERANCANGAN PEMBELAJARAN STEAM BAGI GURU PAUD

Authors

  • Novitawati Novitawati Universitas Lambung Mangkurat
  • Chresty Anggreani Universitas Lambung Mangkurat
  • Sakerani Sakerani Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i1.5596

Keywords:

STEAM, Pendidikan Anak Usia Dini.

Abstract

Abstrak: Pembelajaran STEAM merupakan salah satu pendekatan pembelajaran abab 21. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memperkenalkan dan memberikan pemahaman kepada guru PAUD di TK Qatrunnada tentang pengimplementasian pembelajaran STEAM di PAUD. Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di TK Qatrunnada, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin dengan diikuti sebanyak 11 orang guru. Kegiatan evaluasi pada PKM ini dilakukan melalui survey melalui googleform kepada peserta terkait dengan kebutuhan implementasi STEAM di PAUD dengan rata-rata jawaban peserta 100% sangat setuju, kesiapan guru dalam mengimplementasikan STEAM  dengan rata-rata jawaban peserta 81,8% siap, dan kegiatan PKM ini menambah pengetahuan dan pemahaman peserta terkait pelaksanaan STEAM 100% sangat setuju, sedangkan pada kepuasaan peserta pada keseluruhan rangkaian kegiatan PKM sebanyak 100%  peserta puas. Dengan demikian, kegiatan pengabdian kepada masyarakat bimbingan teknis perancangan pembelajaran STEAM bagi guru PAUD di TK Qatrunnada memberikan manfaat untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang pembelajaran STEAM, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan aspek perkembangan anak usia dini secara optimal.

Abstract:  STEAM learning is one of the chapter 21 learning approaches. The purpose of this community service activity is to introduce and provide understanding to PAUD teachers at Qatrunnada Kindergarten about the implementation of STEAM learning in early childhood education. This activity consists of several stages, namely: planning, implementation, and evaluation. This community service activity was carried out at Qatrunnada Kindergarten, East Banjarmasin, Banjarmasin City, attended by 11 teachers. Evaluation activities in PKM were carried out through a survey via google form to participants related to the need for STEAM implementation in PAUD with an average of 100% of participants' answers strongly agreeing, teacher readiness in implementing STEAM with an average of 81.8% ready answers from participants, and PKM activities This adds to the knowledge and understanding of the participants regarding the implementation of STEAM. 100% strongly agree, while on the satisfaction of participants in the whole series of PKM activities, 100% of participants are satisfied. Thus, community service activities with technical guidance on STEAM learning design for early childhood education teachers at Qatrunnada Kindergarten provide benefits for increasing knowledge and skills in designing STEAM learning, so that they can improve the quality of learning and develop aspects of early childhood development optimally.

References

Annisa, R., Effendi, M. H., & Damris, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 42–46.

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(2), 31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.297

Bahrum, S., & Ibrahim, M. N. (2018). Kebolehgunaan Modul “steAm†dalam Pengajaran dan Pembelajaran Pendidikan Seni Visual Sekolah Rendah.

Damayanti, A., Rahmatunnisa, S., & Rahmawati, L. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74–90.

Estriyanto, Y. (2020). MENANAMKAN KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATHICS) PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI PACITAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 68–74.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226.

Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310–318.

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92.

Komala, K., & Rohmalina, R. (2021). Kompetensi Guru PAUD dalam PJJ melalui Pelatihan Pendekatan STEAM pada Masa Covid-19. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 38–52.

Margorini, S., & Rini, R. Y. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS, TEKNOLOGI, TEKNIK DAN MATEMATIKA (STEM) PADA ANAK USIA DINI: KAJIAN LITERATUR TERHADAP PANDANGAN ABAD 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 96–105.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek sebagai sarana stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86–96.

Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. Madaniya, 1(3), 140–146.

Prameswari, T. W., & Lestariningrum, A. (2020). STEAM Based Learning Strategies By Playing Loose Parts For the Achievement of 4c Skills in Children 4-5 Years. Jurnal EFEKTOR, 7(1), 24–34.

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Technology, Art, Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 297–309.

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). The Utilization Of Loose Parts Media In Steam Learning For Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1–5.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles