PROVIDING EXCITED LEARNING FOR CHILDREN THROUGH GUIDED-LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC

Authors

  • Sintawati Sintawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rike Erna Suryani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zainal Arifin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wibowo Heru Prasetiyo Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v4i3.5651

Keywords:

Bimbingan Belajar, Pandemi Covid-19, KKN-Dik.

Abstract

Abstrak: Kehadiran Virus Covid-19 membuat perubahan besar di berbagai bidang kehidupan masyarakat. Dalam konteks pendidikan, proses pembelajaran dilaksanakan secara online atau dalam jaringan dengan bantuan aplikasi online. Hal tersebut menuntut orang tua dan guru dapat berkolaborasi untuk membimbing serta mendampingi anak-anak dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Sayangnya, pelaksanaan pembelajar daring para orang tua mengalami hambatan ketika membimbing anak-anak dalam belajar. Artikel ini menggambarkan bentuk pengabdian masyarakat dalam bentuk kegiatan KKN-Dik yang dilakukan di Desa Gombang Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Bentuk pengabdian yang dilakukan yaitu menghadirkan pendampingan pembelajaran masa pandemi bagi anak-anak yang dilaksanakan melalui bimbingan belajar. Melalui pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar ini diharapkan dapat membantu serta mengembangkan pengetahuan anak-anak dan membimbing mereka dalam melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Selain itu, pengabdian ini bertujuan menjadi wadah untuk menerapkan pendidikan karakter pada anak melalui kegiatan Baca Tulis Al-Quran (BTA).

Abstract:  The presence of the Covid-19 Virus has made major changes in various areas of people’s lives. In the context of education, the learning process is carried out online or in a network with the help of online applications. This requires parents and teachers to collaborate to guide and assist children in implementing online learning. Unfortunately, the implementation of online learners for parents has encountered obstacles when guiding their children in learning. This article describes the form of community service in the form of KKN-Dik activities carried out in Gombang Village, Sawit District, Boyolali Regency, Central Java. The form of service carried out is to present pandemic learning assistance for children carried out through the implementation of this tutoring activity, it is hoped that it can help and develop children’s knowledge and guide them in carriying out the learning process online. In addition, this service aims to be a forum for implementing character education in children through BTA activities.

References

Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Deepublish.

Anugraha, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaeia: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10, 282–289.

Bahasa, B. P. dan P. (2016). KBBI Daring. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Darmagi. (2018). Asyiknya Belajar Sambil Bermain “Menelisik Nilai-nilai Permainan Edukatif dan Manfaatnya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkanâ€. Guepedia.

Hadi, S. (2020). Pengurangan Risiko Pandemi Covid-19 Secara Partisipatif: Suatu Tinjauan Ketahanan Nasional terhadap Bencana. The Indonesian Journal of Development Planning, 4, 177–190.

Herliandry, Luh. D., D. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tekonologi Pendidikan, 22, 65–69. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp. v22i1.15286

Ipaj, Salma. M. dan Nurwati, N. (2020). Analisis Pengaruh Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Terahdap Kesehatan Mental Masyarakat di Indonesia. Jurnal Pekerjaan Sosial, 3, 16–28.

Prawiyogi, Anggi. G., D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11, 94–101. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPD.011.10

Rozak, A. D. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. JOEAL: Journal of Education and Instruction, 1, 10–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.183

Sari, G. A. (2020). Dampak Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Daring Akibat Covid-19 terhadap Siswa. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8, 462–470. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index

Setiawan, D. (2020). Strategi Guru Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. International Journal of Education Resources, 1, 163–164.

Simatupang, Nova.I, D. (2020). Evektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13, 197–203. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1754

Siyoto, S dan Ali Sodik, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sueca, I Nengah. dan Darmayanti, N. W. S. (2020). Pembelajaran dan Pembimbingan Kegiatan Literasi Dasar dalam Pembelajaran di Rumah Selama Pandemi Covid-19 pada Anak-anak Banjar Dinas Temukus Desa Besukih. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4, 557–561.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbaungan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2, 368–388.

Yektyastuti, R. . D. (2021). Rumah Pintar: Bimbingan Belajar Siswa SD di Masa Pandemi Covis-19. JEDUCIVILIA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2, 83–91. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3585

Yunitasari, Ria dan Hanifa, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 232–243. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Zulvia, T. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Dididk. Jurnal At-Ta’lim, 3, 209–215.

Downloads

Published

2021-07-22

Issue

Section

Articles