UTILIZATION OF MADING SCHOOL AS AN EFFORT TO IMPROVE CREATIVE WRITING SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v4i3.5657Keywords:
Pemanfaatan, Mading Sekolah, Menulis Kreatif.Abstract
Abstrak: Menulis merupakan salah satu kegiatan yang begitu kompleks. Dengan sifatnya yang kompleks tersebut, banyak siswa yang belum mampu melakukan kegiatan menulis secara baik. Ketidak mampuan tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu, kurangnya intensitas kegiatan menulis bagi siswa serta Kurangnya media dalam menyalurkan kreativitas siswa dalam kegiatan tulis menulis. Untuk itu, tim melakukan kegiatan pengabdian berupa pemanfaatan majalah dinding (mading) sekolah sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa di SMA Negeri 1 Gunungsari. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini sebagai berikut: 1) Pada pertemuan I, tim menjelaskan tentang prosedur kegiatan dan apa saja yang akan dilakukan oleh mitra selama kegiatan pengabdian ini berlangsung; 2) pertemuan II, tim menyampaikan materi tentang majalah dinding serta bagaiamana proses memuat majalah dinding; 3) Pertemuan III berisi tentang kegiatan penyiapan serta pengumpulan bahan melaui kegiatan menulis kreatif yang dilakukan oleh siswa; dan 4) pertemuan IV dilakukannya produksi majalah dinding pada etalase-etalase yang ada di lingkungan sekolah.
Abstract: Writing is one of the most complex activities. many students have not been able to do writing activities well. The cause is the lack of intensity of writing activities for students and the lack of media in channeling students' writing creativity. Therefore, the team carried out community service activities in the form of using school bulletin boards as an effort to improve students' creative writing skills at SMA Negeri 1 Gunungsari. The results of this service activity are as follows: 1) the first meeting, the team explained about the activity procedure and what the partners would do during this service activity; 2) the second meeting, the team delivered material about school bulletin boards and how the process of loading school bulletin boards was; 3) third meeting contains the preparation and collection of materials through creative writing activities carried out by students; and 4) the fourth meeting, the production of wall magazines was carried out in the windows in the school environment.
References
Ariska, R. (n.d.). Hubungan Antara Berpikir Kreatif Dengan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Oleh Siswa Kelas Vii Smp Pab 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Churiyah, Y. (2011). Komunikasi lisan dan tertulis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Genua, V., Ria, M. P. P., & Dhapa, D. (2020). Pendampingan Pembuatan Majalah Dinding Siswa SMAN 1 Magepanda Kabupaten Sikka. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 124–129.
Harahap, D. A., Nasution, W. N. A., Gulyanto, B., & Dailami, D. (2019). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Siswa Dalam Membuat Majalah Dinding Sebagai Hasil Jurnalistik Di Asahan. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Hasanah, A. (2010). Kemampuan komunikasi tulis dan lisan siswa dalam memecahkan masalah terbuka (open ended) pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP Buana Waru. IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Hidayah, W. (2018). Peningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan melalui Buku Harian Bergambar Siswa Kelas II B SD Timbulharjo Sewon Bantul. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 59–68.
Inayah, N. (2015). Analisis Keterampilan Menulis Dalam Buku Harian Siswa Kelas IV di SDN Mojolangu 2 Kota Malang. University of Muhammadiyah Malang.
Milandari, B. D., & Waluyan, R. M. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Show Not Tell Pada Siswa Kelas V Mi Nahdlatul Mujahidin Nw Jempong, Ampenan. Jurnal Ulul Albab, 22(2).
Nasir, R. (2018). Pengelolaan Majalah Dinding Di Madrasah Aliyah Negeri Kalabahi Dan SMA Neger 1 Kalabahi Kabupaten Alor Propinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan sastra, Yogyakarta: PT. BFE.
Nursinto. (2005). Membina Majalah Dinding. Adicita Karya Nusa.
Oktarini, R. (2018). Pengelolaan Mading (Majalah Dinding) Sekolah di Madrasah Aliyah Sabilul Hasanah Kabupaten Banyuasin. UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Priyono, Y. (2012). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada mading di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Santoso, H., & Sos, S. (2007). Majalah dinding sebagai media untuk meningkatkan kemampuan menulis dan budaya baca siswa. Unpublished Master Thesis). Universitas Negeri Malang.
Zubaidah, E., & Saptomo, B. (2004). Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 8(01).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).