AUDIO VIDEO-BASED LEARNING MEDIA ON PLANT THEMES FLASHCARD FOR PAUD NURUL HUDA’S STUDENTS DURING COVID-19 PANDEMIC
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v4i3.5673Keywords:
Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Pendidikan Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Flashcard.Abstract
Abstrak: Selama masa belajar di rumah, PAUD Nurul Huda, Kabupaten Cirebon melaksanakan proses pembelajaran yang monoton dimana siswa hanya diberikan tugas berupa mengisi lembar kerja selama satu minggu tanpa memberikan penjelasan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran diperlukan untuk anak usia dini agar materi lebih konkret. Oleh sebab itu pelaksana berinisiatif untuk memberikan penguatan pembelajaran daring untuk mendesain, membuat, dan menerapkan media pembelajaran kepada siswa di sekolah sasaran, yaitu khusus kepada kelompok A yang berjumlah 26 siswa, dilakukan pada tanggal 27 November 2020. Flashcard berbasis audio visual dipilih sebagai media pembelajaran. Tema pembelajaran dalam flashcard dipilih buah-buahan sesuai dengan permintaan guru, dalam hal ini secara khusus tentang tanaman pisang. Media dibuat menggunakan bantuan web tool gratis, yaitu SuperMii, Canva, dan Filmora. Hasil menunjukkan media flashcard berbasis audio visual dapat menjadikan siswa mudah dalam mengenal bagian-bagian tanaman pisang dan menambah kosa kata baru. Selain itu, pembelajaran daring di PAUD Nurul Huda yang awalnya monoton dapat lebih bervariasi dengan adanya penggunaan media pembelajaran flashcard ini.
Abstract:Â During the study period at home, PAUD Nurul Huda Cirebon carried out a tedious learning process, where students were only given assignments without explaining the learning material to students, i.e., filling out worksheets for one week. Learning media is needed for early childhood so that the material is more concrete. Therefore, we took the initiative to reinforce online learning to design, create, and apply learning media to students in target schools, specifically for group A, which consisted of 26 students, carried out on November 27, 2020. Audio visual-based flashcards were chosen as learning media. The theme of learning in the flashcard was selected fruits according to the teacher's request, specifically about banana plants. Media created using free web tools, namely SuperMii, Canva, and Filmora. The results show that audio visual-based flashcard media can make it easy for students to recognize parts of the banana plant and add new vocabulary. In addition, online learning at PAUD Nurul Huda, which was initially tedious can be more varied using this flashcard learning media.
References
Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arwudarachman, D., & Setiadarma, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, (3)3, 237-247.
Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Baska, D. Y., Madjid, T. H., & Idjradinata, P. S. (2020). The Effect of Health Education with Flashcard Media on Improvement of Knowledge and Reduction of Anxiety Degree in Adolescents Primigravida. Global Medical & Health Communication (GMHC), 8(1), 59-66. https://doi.org/10.29313/gmhc.v8i1.5192
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.
Fuada, S., & Marhamah. (2021). Read Aloud Video Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Sidoharjo—Wonogiri. International Journal of Community Service Learning, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.33577
Kurnia, S., & Fuada, S. (2021). Program Penguatan Pembelajaran Online di Paud RA Daarul Amiin Purwakarta pada Masa Pandemi Covid-19. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 165–178. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1736
Latipah, L., & Fuada, S. (2021). Pelatihan Kinemaster bagi Guru TK Sekarwangi Cirebon untuk Meningkatkan Literasi dalam Pembuatan Video Pembelajaran Daring. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 101–112. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1696
Hamdani, N. N., Muhammad Irfan, & N. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi Corona Virus Disease 2019. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2), 150-158.
Haryoko, & Sapto. (2009). Efektifitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 5.(1), 1-10.
Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Jurnal PAUDIA, 9(1), 1-5.
Iftitah, Dorlinaa, & Lailiyatul, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Padelegan Pademawu Pamekasan. Jurnal PAUD Teratai, 3(2), 1-5.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Diambil kembali dari SE UU No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Kusumawati, R., & Mariono, A. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang Untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Asemjajar-Surabaya. Jurnal Tekpen, 4(1), 24-32.
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Puspita, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al Falah Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). 1-11. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4598
Rohani, R., Maman, M., & Sulha, S. (2019). Pengaruh Pemberian Penguatan Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 184-195. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1441
Sepriani, D. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menginstalasi Perangkat Jaringan Lokal Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X SMK Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan (Skripsi No. 0, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/39910
WHO. (2020, November Senin). Diambil kembali dari Global surveillance for human infection with novel-coronavirus (2019nCov): (https://www.who.int/publicatioms-detail/global-surveillance-for-human-infecttion-with-novel-coronavirus-(2019-ncov)
Wulandaru, N. A. (2015). Analisis Pemahaman Konseptual Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Siswa Kelas X IPA SMAN 9 Malang (Skripsi No. 2015, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/41174
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).