PENDAMPINGAN LANSIA DALAM MENINGKATKAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN BERMAIN PUZZLE
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v5i2.6028Keywords:
Lansia, Fungsi Kognitif, Bermain Puzzle.Abstract
Abstrak: Lansia merupakan bagian pada tahap tumbuh kembang manusia, lansia sering mengalami kendala dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya kemampuan kognitif, salah satu intervensi yang dilakukan adalah dengan bermain puzzle. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menigkatkan fungsi kognitif pada lansia, kegiatan ini dilakukan selama satu minggu dengan memberikan pendampingan. Kegiatan ini dilakukan di Panti Sosial Lansia Harapan Kita. Setelah dilakukan pendampingan hasil yang didapatkan adalah adanya perubahan fungsi kognitif pada lansia menjadi lebih baik, walaupaun tidak signifikan, sehingga kegiatan pendampingan ini perlu dilakukan secara kontinyu dan komprehensif. Saran untuk pengelola panti perlu adanya kegiatan modifikasi dan kegitan yang rutin untuk meningkatkan fungsi kognitif.
Abstract: The elderly are part of the stage of human growth and development, the elderly often experience obstacles in everyday life, one of which is cognitive ability, one of the interventions carried out is to play puzzles. This devotion activity aims to improve cognitive function in the elderly, this activity is carried out for one week by assisting, this activity is carried out at the Harapan Kita Elderly Social Home. After the assistance of the results obtained is that there is a change in cognitive function in the elderly for the better, although not significant, so this mentoring activity needs to be carried out continuously and comprehensively. Advice for the manager of the home needs regular modification and activity activities to improve cognitive function.
References
Ajul, K., Pranata, L., Daeli, N. E., & Sukistini, A. S. (2021). Pendampingan lansia dalam meningkatkan fungsi kognitif melalui permainan kartu remi. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 195-198.
Hardika, B. D., & Pranata, L. (2019). Pendampingan senam lansia dalam meningkatkan kualitas tidur. JCES (Journal of Character Education Society), 2(2), 34-38.
Fari, A. I. L. P. A. S. S. (2021). Pendampingan Progressive Muscle Relaxation (Pmr) Terhadap Tingkat Insomnia Pada Lansia. JourIndonesian Journal Of Community Service nal of Holistic Nursing Science, 1(1), 156–161.
Harefa, J., Pranata, L., & Daeli, N. E. (2021). Aktivitas Sosial Dan Fungsi Kognitif Lansia Di Posyandu Merpati. 1(2), 6.
Lilik Pranata. (2020a). Fisiologi 1. Universitas Katolik Musi Charitas.
Lilik Pranata. (2020b). Fisiologi 2. Universitas Katolik Musi Charitas.
Pranata, L., Fari, A. I., & Indaryati, S. (2021). The Effects of Brain Gym and Coloring Pictures on Cognitive Functions of the Elderly. 4(1), 9.
Pranata, L., Indaryati, S., & Daeli, N. E. (2020). Perangkat Edukasi Pasien dan Keluarga dengan Media Booklet (Studi Kasus Self-Care Diabetes Melitus). Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 102–111. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1599
Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2021). ROM Movement Training On Care Giver. 4(2), 29–34. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.2934
Pranata Lilik. (2020). Perawatan lansia di Era Covid 19. Universitas Katolik Musi Charitas.
Pranata, L., Fari, A. I., & Indaryati, S. (2021). The Effects of Brain Gym and Coloring Pictures on Cognitive Functions of the Elderly. Media Karya Kesehatan, 4(1).
Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Metode Senam Otak. Madaniya, 1(4), 172-176.
Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Metode Mewarnai gambar. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 141-146.
Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2021). Rom Movement Training On Care Giver. JCES (Journal of Character Education Society), 4(1), 29-34.
Pranata, L., Indaryati, S., Rini, M. T., & Hardika, B. D. (2021). Peran Keluarga Sebagai Pendidik Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Pencegahan Covid 19. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1389-1396.
Pranata, L., Koernawan, D., & Daeli, N. E. (2019, October). Efektifitas Rom Terhadap Gerak Rentang Sendi Lansia. In Proceeding Seminar Nasional Keperawatan (Vol. 5, No. 1, pp. 110-117).
Pranata, L., Koerniawan, D., & Daeli, N. E. (2019). Efektifitas Rom Terhadap Perubahan Aktivitas Lansia.
Putri, O., Pranata, L., & Nurjanah, V. (2020). Relationship of Social, Family Support and Self-Efficacy on Complications Prevention of Mellitus Diabetes. Sorume Health Sciences Journal, 1(2), 64-74.
Rekawati, E. (2004), Faktor-faktor Sosiodemografi yang berhubungan terjadinya kepikunan pada usia lanjut di Indonesia Berdasarkan Susenas Tahun 2001, Tesis Magister, Jakarta: FKM UI.
Sari, I. P., Frisca, S., & Pranata, L. (2019). Overview of Fall Risk in The Elderly in Elderly Social Care Institutions. Jurnal Ilmiah Bakti Farmasi, 4(2).
Sitanggang, Y. F., Frisca, S., Sihombing, R. M., Koerniawan, D., Tahulending, P. S., Febrina, C., ... & Siswadi, Y. (2021). Keperawatan Gerontik. Yayasan Kita Menulis.
Sormarmo Markam, 2005. Latihan Vitalisasi Otak. Jakarta: PT. Gramedia Widisarana Indonesia.
Susanti, E., Manurung, A., & Pranata, L. (2018). Hubungan antara dukungan keluarga dengan harga diri lansia di kelurahan kebun bunga kecamatan sukarami palembang. Jurnal Ilmiah Bakti Farmasi, 3(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).