PENGGUNAAN DIGITAL VIRTUAL DESIGN DALAM MENGENALKAN KEARIFAN LOKAL KONSTRUKSI HUNIAN VERNAKULAR SUKU REJANG
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v5i2.6382Keywords:
Desain Virtual Digital, Konstruksi Lokal, Rumah Vernakular.Abstract
Abstrak: Provinsi Bengkulu sebagai daerah bencana gempa memiliki potensi kearifan lokal yang dapat mengurangi bencana gempa. Pendidikan di era Revolusi Industri 4.0 saat ini menggambarkan tantangan dunia pendidikan terhadap pembelajaran online, termasuk dalam upaya mengenalkan budaya lokal diperlukan motivasi untuk tertarik dan tertarik untuk memahami. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kearifan lokal pembangunan rumah tinggal vernakular Suku Rejang yang memiliki konsep mitigasi bencana menggunakan digital virtual design, kearifan lokal berkonsep mitigasi bencana mudah dikenalkan dan diterapkan oleh siswa dengan menggunakan tampilan informasi bangunan animasi . Hasil yang diperoleh, penggunaan desain virtual digital meningkatkan pemahaman siswa. Harapan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran warga sekolah tentang konstruksi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang berasal dari masyarakat dan menjadikan budaya pengetahuan dan budaya keselamatan konstruksi pada pekerjaan sebelumnya diimplementasikan dalam lingkup perumahan masa depan.
Abstract:Â Bengkulu Province as an earthquake disaster area has the potential for local wisdom can reduce earthquake disasters. Education in the era of the Industrial Revolution 4.0 currently portrays the challenges of the world of education to online learning, including in efforts to introduce local culture, it requires motivation to be interested and interested in understanding. The purpose of this activity is introducing the local wisdom of the Rejang Tribe's vernacular residential construction which has the concept of disaster mitigation using digital virtual design, local wisdom has the concept of disaster mitigation is easily introduced and applied by students using building information displays of animated. The results obtained, using digital virtual designs improve student understanding. The hope of this activity is increasing awareness of the school community on construction based on science and technology comes from the community and makes the cultural knowledge and culture of construction safety in previous occupations implemented in the scope of future housing.
References
Fitri, W. (2014). Nilai Budaya Lokal, Resiliensi, dan Kesiapan Menghadapi Bencana Alam. Personifikasi, 5(2), hal. 123–138.
Karim, I. B., & Suparji. (2018). Pembelajaran Aktif Berbasis Saintifik Menggunakan Program Sketchup Pada Materi Menggambar Konstruksi Atap Siswa di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Mahasiswa UNESA, 2(2).
Karim, N. N., & Adistana, G. A. Y. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Presentation, Animation Tutorial Video Berbasis Virtual Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah di SMK Negeri 2.pdf. Jurnal Mahasiswa UNESA, 6(1).
Kodrat, D. D. (2019). Urgensi Perubahan Pola Pikir Dalam Membangun Pendidikan Bermutu. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(1), hal. 1–6. https://doi.org/10.47076/jkpis.v2i1.23
Maknun, J. (2015). Pembelajaran Mitigasi Bencana Berorientasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Pendidikan, 5(1), hal. 143–156.
Mintorogo, D. S. (2000). Arsitektur DVD (Digital Virtual Design). DIMENSI TEKNIK ARSITEKTUR, 28(1), hal. 24–30. https://doi.org/10.9744/dimensi.28.1.
Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), hal. 48–57.
Nugroho, R. (2017). Terhadap Hunian Masyarakat Pengrajin Tempe. Local Wisdom, 9(1), hal. 27–39.
Prihatiningrum, A. (2020). Karakter Bentuk Hunian Suku Rejang Di Daerah Rawan Gempa (Studi Kasus: Desa Gunung Alam, Kabupaten Lebong). Arsitektura, 18(1), hal. 84. https://doi.org/10.20961/arst.v18i1.40786
Ramawangsa, P. A., & Prihatiningrum, A. (2020). Sambungan Kayu pada Selubung Fasad Rumah Vernakular sebagai Kajian Pembelajaran Dasar Struktur dalam Arsitektur. Arsir, 4(1), hal. 44–51. https://doi.org/10.32502/arsir.v4i1.2380
Syani, A. (2013). Kearifan Lokal Sebagai Aset Budaya Bangsa dan Implementasinya Dalam Kehidupan Masyarakat. Retrieved November 4, 2020, from staff.unila.ac.id website: http://staff.unila.ac.id/abdulsyani/2013/04/17/kearifan-lokal-sebagai-aset-budaya-bangsa-dan-implementasinya-dalam-kehidupan-masyarakat/
Wahyudi, I., Bahri, S., & Handayani, P. (2019). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia. Jurnal Teknik Komputer, 5(1), hal. 135–138. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2
Wardiningsih, S. (2015). Arsitektur nusantara mempengaruhi bentuk bangunan yang berkembang di indonesia. Jurnal SCALE, 2(2), hal. 274–283.
Wijaya, W. A. (2015). Pembuatan Film Animasi 3d Pewayangan Punakawan. CALYPTRA, 4(1), hal. 1–9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).