PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM DI KEKALIK, SEKARBELA, MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v4i4.6620Keywords:
Pendampingan, Bahasa Inggris Dasar, Santri.Abstract
Abstrak: Pendampingan pembelajaran  bahasa Inggris ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan secara teoritis dan praktis penggunaan bahasa Inggris dasar, expresi ekspresi serta kosakata yang digunakan. Kegiatan pelatihan ini melibatkan para santri ponpes Nurul Islam. Mentor dalam kegiatan ini melibatkan dosen-dosen bahasa Inggris yang memiliki keterampilan dan penguasaan bahasa Inggris yang baik. Pelaksanaan kegiatan pendampingan bertempat di ponpes Nurul Islam, Kekalik Sekarbela, Mataram.  Pelatihan ini diadakan untuk untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dapat dilihat dari keaktifan dan kehadiran mereka selama mengikuti kegiatan. Dari kegiatan pelatihan ini diharapkan meningkatnya kemampuan Bahasa inggris para siswa.
Abstract: This English learning community service aims to provide theoretical and practical knowledge of the use of basic English, expressions and vocabulary used. This training activity involved the students of the Nurul Islam Islamic Boarding School. Mentors in this activity were English lecturers who have good English skills and mastery. The implementation of the mentoring activities took place at the Nurul Islam Islamic Boarding School - Kalik Sekarbela, Mataram. This training was held to improve students' English language skills. The results of the activity showed that the students were very enthusiastic to participate in the learning activity which could be seen from their activeness and presence during the mentoring. From this training activity, it is hoped that the students' English skills will increase.
References
Amin, M., Thohir, L., & Mahyuni. (2020). Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Para Mudabbirah di Pondok Pesantren. Jurnal Gema Ngabdi, 2(3), 228–234.
Andy, Rusfandi, & Muzammil, L. (2018). Pelatihan Berbahasa Inggris dengan Drilling dan Repetition Bagi Karang Taruna Desa Jedong. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(7), 42–48.
Ayuningtyas, P. (2021). Pelatihan “English for Guiding†Bagi Pemandu Wisata Lokal Kabupaten Puworejo. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 02(01), 39–46.
Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–8.
Farmasari, S., Mahyuni, Baharuddin, Wardana, L. A., & Junaidi, A. (2021). Maksimalisasi Penggunaan Flashcard untuk Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Pinggiran di Kota Mataram. Darma Diksani, 1(1), 78–88.
Fitria, W., Nurhasanah, A., Mesalina, J., Suryani, H., Mahmudah, F., & Amalia, S. (2020). Workshop Pembelajaran Bahasa Inggris “Fun & Communicative English†Untuk Siswa Ponpes Ainul Yaqin Jambi.
Fitriani, S., & Ilyas, H. P. (2021). Teknik Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan untuk Taman Kanak-Kanak. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 259–268. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.10129
Haryadi, Sumarni, B., Imansyah, Hidayatullah, H., & S, K. D. S. (2021). implementing Brown’s Teaching Principles on the Training of English for General Speaking Purpose for School Teachers and Staff. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(1), 1–8.
Miswaty, T. C., Syamsurrijal, Hadi, M. Z. P., & Ulfa, B. A. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris dan Pembukuan Keuangan bagi Masyarakat Desa Langko. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(2), 166–171.
Mulyanti, W., & Purwaningsih, S. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif untuk Pemandu Wisata di Safari Tour. Journal of Empowerment Community, 2(1), 105–114.
Nurdyansyah, N. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Permana, D., Qomariyah, S. S., & Rizka, M. A. (2020). Pelatihan Keterampilan Berkomunikasi Bahasa Inggris Bagi Pramusaji Kedai di Kawasan Wisata Aik Berik. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 1–7.
Rahayu, T., Aziz, M., Permatasari, I., Mudofir, I., Maftuh, M. F., & Subiyantoro. (2020). Pelatihan Interview dalam Bahasa Inggris untuk Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Doho,Dalopo, Madiun. J-S-E: Journal of Empowerment, 05(02), 580–585.
Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2019). Program Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 280–285.
Warohma, E., Abdillah, M. I., & Arini, S. M. (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda (PPNH) Sukaraja. Manhaj Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 9(2), 81–89.
Yulia, Y. (2013). Teaching Challenges in Indonesia: Motivating Students and Teachers’ Classroom Language. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 3(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).