EDUCATION ABOUT PHBS (CLEAN AND HEALTHY LIVING BEHAVIOR) AND ITS APPLICATION TO STUDENTS PEKANBARU 48 STATE ELEMENTARY SCHOOL

Authors

  • Desi Nindya Kirana STIKes PayungNegeri Pekanbaru
  • Islah Wahyuni STIKes PayungNegeri Pekanbaru
  • Violita Dianatha Puteri STIKes PayungNegeri Pekanbaru
  • Ingelia Ingelia STIKes PayungNegeri Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i1.6895

Keywords:

Edukasi, PHBS, Cuci Tangan Pakai Sabun.

Abstract

Abstrak: PHBS merupakan strategi yang digunakan untuk menciptakan kemandirian dalam meraih kesehatan dan merupakan suatu perilaku yang diterapkan berdasarkan kesadaran. PHBS di sekolah merupakan tatanan awal untuk menciptakan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas. Tatanan sekolah merupakan salah satu ruang lingkup edukasi. Edukasi di lingkungan sekolah sangat efektif karena anak sekolah dasar (SD) merupakan sasaran yang mudah dijangkau sebab terorganisasi dengan baik serta merupakan kelompok umur yang peka dan mudah menerima perubahan. Tujuan dari pemberdayaan untuk memberikan edukasi PHBS kepada siswa-siswi serta penerapannya. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah Theoritical  dan Demonstrasi dengan pendekatan program tindak partisipatif, program kerja  disampaikan dengan 4 tahapan yaitu secara teori pemberian edukasi (materi secara teknis terkait PHBS), pemeriksaan TB/BB, memberikan pendampingan dan bimbingan dalam penerapan/mendemostrasikan cara cuci tangan pakai sabun secara benar mengunakan air mengalir oleh setiap peserta didik dan pelaksanaan evaluasi, kegiatan ini dilakukan selama 4 kali pertemuan secara Luring dengan mematuhi protocol kesehatan. Jumlah peserta kegiatan pemberdayaan ini yaitu 20 orang siswa-siswi SD. Hasil: setelah pemberian edukasi tentang PHBS, melatih cuci tangan pakai sabun didapatkan hasil bahwa siswa-siswi mengetahui, memahami PHBS dan mampu menerapkan cuci tangan pakai sabun secara benar setiap sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

Abstract: PHBS is a strategy used to create independence in achieving health and is a behavior that is applied based on awareness. PHBS in schools is the initial order to create healthy and quality human resources. School order is one of the scopes of education. Education in the school environment is very effective because elementary school children are an easy target to achieve because they are well organized and are an age group that is sensitive and easy to change. The purpose of empowerment is to provide PHBS education to students and its implementation. The method used in the implementation of this community service is Theoritical and Demonstration with a participatory approach program approach, the work program is delivered in 4 stages, namely theoretically providing education (technically related materials for PHBS), TB/BB examination, providing assistance and guidance in implementing/ demonstrating how to wash hands properly using running water by each student and evaluating, this activity was carried out for 4 meetings by complying with health protocols. The number of participants in this empowerment activity is 20 elementary school students. Results: after providing education about PHBS, practicing hand washing with soap, the results showed that students knew, understood PHBS and were able to apply hand soap properly before and before carrying out activities.

Author Biography

Desi Nindya Kirana, STIKes PayungNegeri Pekanbaru

Prodi S1 Kebidanan STIKes Payung Negeri Pekanbaru

References

Alif Yanuar. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) dalam. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.440

Buku PHBS.pdf. (n.d.).

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2020). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020.

Endang. (2001). Pola Perilaku Sehat dan Model Pelayanan Kesehatan Remaja. 2, 97–104.

Henny, H. (2013). Pengaruh teknologi informasi terhadap. Jurnal, 2(1), 367–372.

Isnaeni, E., Kep, S., & Kes, M. (n.d.). PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ( PHBS ).

Kemendikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa.

Muh.F. (2021). Jurnal basicedu. 5(1), 178–187.

Nurmahmudah, E., Puspitasari, T., & Agustin, I. T. (n.d.). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) pada Anak Sekolah. 46–52.

Padjadjaran, U. (2015). Peranan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia untuk menghadapi asean community 2015 33. 0042.

Rahdiyanta, D. (2020). Tantangan Pembelajaran Pemesinan Di Era Revolusi Industri 4.0. Uny.Ac.Id, 18(1), 1–12. https://www.uny.ac.id/fokus-kita/prof-dr-ir-dwi-rahdiyanta-mpd

Ratna. (2018). No Title. 3(1), 11–17.

Tatanan, P., & Sman, S. (2018). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( Phbs ) Kabupaten Kampar Tahun 2018 Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( Phbs ) Kabupaten Kampar Tahun 2018.

Wahyu, D., & Nisah, K. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Saat Pandemi Covid-19 Pada Anak Kelompok Bermain Tahun Ajaran 2020/2021.

Yuli A, D. (2013). Penyuluhan dan Peraktek PHBS (Perilaku Bersih dan Sehat). 2(1), 45–50.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles