DIGITALISASI MASJID ERA SOCIETY 5.0 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI QRIS PADA KAS MASJID AL-MUSLIMIN

Authors

  • Juniar Hutagalung STMIK Triguna Dharma http://orcid.org/0000-0001-5514-7649
  • Amrullah Amrullah STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i1.6976

Keywords:

BKM, Infaq, Masjid, QRIS, Web.

Abstract

Abstrak: Pelayanan dan penghimpunan dana infaq di Masjid Al Muslimin masih sistem offline. Dengan menggunakan metode pelatihan kepada pengurus BKM Al Muslimin, sehingga jamaah dan masyarakat dapat melakukan infaq dengan menggunakan menu scan Quik Response (QR) di aplikasi. Pengguna hanya memindai kode QR milik BKM Al Muslimin. Aplikasi dikembangkan berbasis web menyediakan fitur infaq bagi yang akan berdonasi ke masjid tanpa harus memasukkan uang ke kotak infaq masjid. Aplikasi ini memfasilitasi pembayaran elektronik dengan mengintegrasikan Quik Response Code Indoneian Standart (QRIS) dalam proses transaksi elektronik. QRIS juga dapat dipindai langsung dari halaman web tanpa perlu mencetak. Sehingga tidak terjadi lagi kehilangan kotak infaq, dan menghindari adanya penipuan yang mengatasnamakan masjid. Program penggalangan dana infaq dengan sistem kode QR melalui sistem pembayaran non tunai dan distribusi, agar transparansi. Dengan QRIS ini, masyarakat yang ingin berdonasi ke masjid cukup memindai QRIS dengan aplikasinya sendiri tanpa harus berpindah ke aplikasi lain. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan pengabdian untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi QRIS berbasis web agar penggalangan dana infaq dapat lancar dan mudah. Tujuan yang ingin dicapai dalam pengabdian ini adalah mengimplementasikan aplikasi QRIS berbasis web untuk mempermudah memberikan infaq dan menyalurkan dana infaq dari masyarakat sehingga lebih efisien dan efektif.

Abstract:  The service and collection of infaq funds at the Al Muslimin Mosque is still an offline system. By using the BKM Al Muslimin management training method, so that pilgrims and the public can donate by using the Quick Response (QR) scan menu on the application. Users only display the QR code belonging to BKM Al Muslimin. This web-based application provides an infaq feature for those who will donate to the mosque without having to put money into the mosque's infaq box. This application facilitates electronic payments by integrating Quik Response Code Indoneian Standart (QRIS) in the electronic transaction process. QRIS can also be scanned directly from web pages without the need to print. So that there are no more lost infaq boxes, and avoid being scammed in the name of the mosque. Infaq fundraising program with a QR code system through a non-cash payment and distribution system, for transparency. With this QRIS, people who want to donate to mosques can simply enjoy QRIS with their own application without having to switch to another application. Based on this, dedication is needed to design and implement a web-based QRIS application so that infaq fundraising can be smooth and easy. The goal to be achieved in this service is to implement a web-based QRIS application to make it easier to provide infaq and channel infaq funds from the community more efficiently and effectively.

Author Biographies

Juniar Hutagalung, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Amrullah Amrullah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saniman Saniman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

Amarudin, A., & Sofiandri, A. (2018). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Ikhtisar Kas Masjid Istiqomah Berbasis Desktop. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 51. https://doi.org/10.33365/jtk.v12i2.148

Bisnis, J. M., Perkembangan, B., Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara (1)(2)(3). 17(2), 287–297.

Dana, P., Dalam, I., Ekonomi, P., Studi, S., Pada, K., Kota, B., Dan, B., & Hasanuddin, M. (n.d.). Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan mengunakan metode Kuantitatif . Pendekatan Kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data-data angket kuiseoner berupa pernyataan dalam bentuk kata mengenai.

Husna, Z. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penentu Masyarakat Muslim Terhadap Preferensi Melalui Kode QRIS ( Studi Kasus Di Yayasan Masjid Jami ’ Kota Malang ). Jurnal Ilmiah, 1–22.

Kristanti, E., & Marta, R. F. (2021). Persuasive and Educative Advertising Content of Quick Response Code Indonesian Standard in Pandemic Era. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 301. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.34474

Kurniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard ( QRIS ) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 23–30.

Mandiri, S. (2021). Jurnal abdimas tgd. 1(1), 39–44.

Mardiyono, A., Suhandana, A. A., Vidyasari, R., & ... (2021). Pengembangan Sistem E-Infak Terintegrasi QRIS sebagai Solusi Sosial Pandemi COVID-19 dengan Metode SDLC. Seminar Nasional …, 6, 29–34.

Novi Arianti, N. L., Sri Darma, G., Fredy Maradona, A., & Mahyuni, L. P. (2019). Menakar Keraguan Penggunaan QR Code Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(2), 67. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i2.2041

Pengabdian, J., Masyarakat, K., & Vol, R. (2021). 1* , 1. 4(3), 239–246.

Pinem, S., Hutagaol, V. E., Penerbitan, P. S., Negeri, P., Kreatif, M., Studi, P., Lingkungan, T., & Efarina, U. (2021). PELATIHAN BLENDED LEARNING PADA GURU SMA KATOLIK ( Nugraha , Selly…. 4(3), 211–216.

Purnomo, A., & Khakim, L. (2019). Implementasi Wakaf Produktif Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 16(1), 103. https://doi.org/10.19105/nuansa.v16i1.2364

Ronabliya, R. N., Azizah, P. N., Abdillah, S. A., & ... (2021). Implementasi Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard Terhadap Pendapatan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. … National Seminar on …, 1(8), 90–99.

Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 1–11.

Setyorini, N., & Violinda, Q. (2021). Pengelolaan dan Pengembangan Aset Masjid Sebagai Upaya Peningkatan Layanan Ibadah. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 55–59. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.6343

Sonata, F., Wiguna, D. P., Hutagalung, J., Informatika, P. M., Informasi, P. S., Tinggi, S., & Komputer, I. (2020). PEMANFAATAN GOOGLE FORMS PADA ORGANISASI PENELITI 3(2), 105–110.

Surakarta, I. (2019). Mu ẚṣ arah : Jurnal Kajian Islam Kontemporer. 1(1), 44–52.

Yusuf, U. A., Syarifudin, M. A., & Maulana, M. F. (2020). Pemakmuran Masjid Sebagai Sarana Ibadah dan Bantuan Sosial lainnya di Masyarakat Kelurahan Pasir Kuda Bogor Barat. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 133–144.

Downloads

Published

2022-01-23

Issue

Section

Articles