METODE POSITION, INSTRUCTION, PUZZLE (PIP) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP PASIEN STROKE
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v5i2.7433Keywords:
Family Caregiver, Stroke, Metode PIP.Abstract
Abstrak: Penurunan Kualitas hidup pasien stroke selama menjalani perawatan dirumah menunjukkan rendahnya kemampuan keluarga dalam merawat anggota keluarga dengan stroke kurangnya kebutuhan informasi serta pengalaman menjadi penyebab keluarga dalam merawat anggota keluarga dengan stroke. Metode PIP (Position, Instruction, Puzzle) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan anggota keluarga dalam merawat pasien stroke, tujuan dilakukannya kegiatan ini untuk melatih para caregiver dalam merawat anggota keluarga dengan stroke di rumah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan terpimpin selama 3 minggu dengan melibatkan mitra komunitas bebas stroke yang berada pada wilayah kerja kelurahan Umbansari. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini, peserta mampu memahami dan melakukan latihan perawatan stroke menggunakan metode PIP dalam perawatan pasien stroke.Â
Abstract:Â The decline in the quality of life of stroke patients during treatment at home shows the low ability of families to care for family members with stroke, lack of information needs and experience is the cause of families in caring for family members with stroke. The PIP (Position, Instruction, Puzzle) method is one method that family members can use in caring for stroke patients, the purpose of this activity is to train caregivers in caring for family members with stroke at home. The method used in this activity is guided training for 3 weeks involving stroke-free community partners in the working area of Umbansari sub-district. The results obtained in this activity, participants are able to understand and perform stroke care exercises using the PIP method in the care of stroke patients.
Â
References
Agusthia, M. (2018). Pengaruh Terapi Psikoedukasi Terhadap Beban Caregiver Dalam Merawat Penderita Stroke. Jurnal Endurance, 3(2), 278. https://doi.org/10.22216/jen.v3i2.2741
Alifudin, M. R., & Ediati, A. (2019). Pengalaman Menjadi Caregiver: Studi Fenomenologis Deskriptif Pada Istri Penderita Stroke. Empati, 8(1), 111–116.
Anita, F., Pongantung, H., Ada, P. V., & Hingkam, V. (2018). Pengaruh Latihan Range of Motion Terhadap Rentang Gerak Sendi Ekstremitas Atas Pada Pasien Pasca Stroke Di Makassar. Journal Of Islamic Nursing, 3(1), 97–99. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/join/article/view/5703
Astriani, N. M. D. Y., Dewi, P. I. S., Heri, M., & Widiari, N. K. E. (2019). Terapi AIUEO terhadap Kemampuan Berbicara (Afasia Motorik) pada Pasien Stroke. Journal of Telenursing (JOTING), 1(2), 396–405. https://doi.org/10.31539/joting.v1i2.924
Fitria. (2013). Perbandingan Pisisi Head Up 15 DENGAN 30 Terhadap Tekanan Darah, Nadi dan Respirasi Pada Pasien Tekanan Tinggi Intrakranial dI RSUD TASIKMALAYA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Harmayetty, Ni’mah, L., & Firdaus, A. S. N. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga dan Kepatuhan Rehabilitasi Dengan Kemandirian Pasien Pasca Stroke. Critical Medical and Surgical Nursing Journal, 9(1), 26–33.
Ika, A., Rohmah, N., Rifayuna, D., Ilmu, F., Universitas, K., Malang, M., Bendungan, J., & Timur, J. (2021). Kebutuhan family caregiver pada pasien stroke. Jurnal Keperawtan Jiwa, 9(1), 143–152.
Karim, U. N., & Lubis, E. (2017). Kualitas Hidup Pasien Stroke dalam Perawatan Palliative Homecare. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 5(1), 42. https://doi.org/10.21927/jnki.2017.5(1).42-50
Laia, J. (2018). Pasien Pasca Stroke Di Puskesmas Sindang. 10, 26–31.
Marannu, A. (n.d.). Efek Latihan Permainan Untuk Meningkatkan Fungsi Kognitif Pada Stroke Kronis dengan Gangguan Kognitif Ringan. 1–11.
Munifatul, S., Ariyani, T., & Hryono, W. (2016). Efektifitas Penggunaan Cermin Terhadap Kemampuan Bicara Pada Pasien Stroke Dengan Afasia Motorik Di SMC RS Telogorejo. STIKES Telogorejo Semarang, 4(2). http://e-journal.stikestelogorejo.ac.id?index.php/jikk/article/view/389
Prok, W., Gessal, J., & Angliadi, L. S. (2016). Pengaruh latihan gerak aktif menggenggam bola pada pasien stroke diukur dengan handgrip dynamometer. E-CliniC, 4(1). https://doi.org/10.35790/ecl.4.1.2016.10939
Roby, A. (2019). Sikap keluarga dalam perawatan pasien stroke di ruang L Rsu X Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 15(2), 60–69.
Sari, R. A. (2019). Pengelolaan Pasien Stroke Hemoragic Dengan Pemberian Oksigen Dan Posisi Head Up 30° Terhadap Perubahan Hemodinamik Tubuh Di Ruang Igd Rsud Tugurejo Semarang. http://repository.poltekkes-smg.ac.id/index.php?p=show_detail&id=18064&keywords=&
Stiawan, B., Dwi, A., Effendy, P., Zahra, K., & Azimi, I. (2018). REHAPS (Rehabilitasi Pasca Stroke) Game Rehabilitasi pasca Stroke berbasis Kinect untuk Menguatkan Memori Gerak. E-Proceeding of Applied Science, 4(2), 699–707.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).