PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) SEBAGAI PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Radiansyah Radiansyah Universitas Lambung Magkurat
  • Fathul Jannah Universitas Lambung Mangkurat
  • Raihanah Sari Universitas Lambung Mangkurat
  • Yayuk Hartini Universitas Lambung Mangkurat
  • Rizky Amelia Universitas Lambung Mangkurat
  • Reja Fahlevi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i2.7821

Keywords:

Pengembangan Soal, HOTS, Kompetensi Pedagogik.

Abstract

Abstrak: Pembelajaran dalam kurikulum 2013 menuntut agar dalam pelaksanaan pembelajaran siswa diberi kebebasan berpikir memahami masalah, membangun strategi penyelesaian masalah, mengajukan ide-ide secara bebas dan terbuka. Guru merupakan faktor yang berperan penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran, karena guru yang merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian dalam proses pembelajaran tersebut. Kegiatan guru dalam pembelajaran adalah melatih dan membimbing siswa berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang ciri-ciri dan cara pembuatan soal HOTS, serta memberikan pengalaman langsung dalam mengubah soal biasa menjadi soal HOTS. Kegiatan ini melibatkan 50 guru Sekolah Dasar Gugus Pangeran Antasari Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, penugasan, dan pelatihan pembuatan soal HOTS. Dari kegiatan yang dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Kegiatan berdampak positif bagi guru. 2) Guru lebih mengetahui bagaimana ciri soal HOTS yang baik. 3) Guru juga mengetahui cara mengembangkan soal HOTS. Para peserta berharap adanya kegiatan sejenis dengan materi lanjutan.

Abstrack: Learning in the 2013 curriculum demands that in the implementation of learning students  are given the freedom to think, understand problems, develop problem-solving strategies, propose ideas freely and openly. The teacher is a factor that plays an important role in determining the success of the learning process, because it is the teacher  who plans, implements, and conducts assessments in the learning process. The teacher's activities in learning are to train and guide students to think critically and creatively in solving problems . This community service activity aims to provide an understanding of the characteristics and methods of making HOTS questions, as well as providing direct experience in converting ordinary questions into HOTS questions. This activity involved 50 teachers from the Prince Antasari Cluster Elementary School,  Banjarbaru City, South Kalimantan. The methods used are lectures, discussions, assignments, and training on making HOTS questions. From the activities carried out, it can be concluded that: 1) Activities have a positive impact on teachers. 2) Teachers know more about the characteristics of good HOTS questions. 3) The teacher also knows how to develop HOTS questions. The participants hoped that there would be similar activities with advanced material.

Author Biographies

Radiansyah Radiansyah, Universitas Lambung Magkurat

Prodi PGSD,

Jurusan Ilmu Pendidikan

Fathul Jannah, Universitas Lambung Mangkurat

Prodi PGSD,

Jurusan Ilmu Pendidikan

Raihanah Sari, Universitas Lambung Mangkurat

Prodi PGSD,

Jurusan Ilmu Pendidikan

Yayuk Hartini, Universitas Lambung Mangkurat

Prodi PGSD,

Jurusan Ilmu Pendidikan

Rizky Amelia, Universitas Lambung Mangkurat

Prodi PGSD,

Jurusan Ilmu Pendidikan

Reja Fahlevi, Universitas Lambung Mangkurat

Prodi Pendidikan Kewarganegaraan,

Jurusan Ilmu Sosial

References

Ali, F., Fakultas, S., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Raden, U., & Palembang, F. (2019). IMPLEMENTASI HOTS PADA KURIKULUM 2013. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/INVENTA.3.1.A1803

Destiniar, D., Mulbasari, A. S., Fuadiah, N. F., Octaria, D., Ningsih, Y. L., Retta, A. M., & Isroqmi, A. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS untuk Mengembangkan Kemampuan Pedagogik Guru. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 163-170.

Eraslan, A. (2013). Teachers’ Reflections on the Implementation of the New Elementary School Mathematics Curriculum in Turkey Yeni İlköğretim Matematik Programı Hakkında Öğretmenlerin Görüş ve Değerlendirmeleri. Journal of Education), 28(2), 152–165.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) DI SEKOLAH DASAR KELAS V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Faridah, S., Djatmika, E. T., & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1359–1364. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V5I9.14059

Habibullah, A. (2012). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 10(3). https://doi.org/10.32729/EDUKASI.V10I3.169

Indriani, F. (2015). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN IPA DI SD DAN MI. Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar FENOMENA, 7(1).

Jannah, F., Karnalim, O., Permadi, A., Murad, D. F., Aditya, B. R., Andrisyah, A., & Nurhas, I. (2022). PELATIHAN DESAIN KUIS HOTS INTERAKTIF DENGAN APLIKASI KAHOOT! DAN QUIZZIZ DI MASA PANDEMI: STUDI KASUS GURU SEKOLAH DASAR GUGUS PANGERAN ANTASARI KOTA BANJARBARU. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1), 243–251. https://doi.org/10.31764/JCES.V5I1.6026

Jasimah, Awaluddin, R. (2018). Usaha Guru Dalam Menanamkan Empathy Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Unggul Simpang Tiga Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3, 89–100.

Lidyasari, A. T. (2014). Developing PGSD students character through experience learning theory. Aprilia Tina Lidyasari / Procedia-Social and Behavioral Sciences, 123, 189–195. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1414

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94. https://doi.org/10.14421/JPI.2014.31.71-94

Maryani, I., & Martaningsih, S. T. (2020). Pendampingan penyusunan soal higher order thinking bagi guru sekolah dasar. Jurnal Solma, 9(1), 156-166.

Nur, A. A. (2020). MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD YAYASAN MUTIARA GAMBUT. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.24036/BMP.V2I1.3735

Radiansyah, R., Sari, R., Jannah, F., Kurniawan, W., Aisyah, S., & Wardini, S. (2022). IMPLEMENTATION OF HOTS LEARNING BASED ON ENVIRONMENTAL APPROACH IN ELEMENTARY SCHOOL IN BANJAR DISTRICT. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.31316/ESJURNAL.V9I1.1855

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://doi.org/10.23887/JISD.V4I2.25336

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Somantri, D., Upi, P., Daerah, K., & Bandung, C. (2021). ABAD 21 PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 188–195. https://doi.org/10.25134/EQUI.V18I2.4154

Widana, W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Downloads

Published

2022-04-11

Issue

Section

Articles