PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI MAHASISWA

Authors

  • Mahsup Mahsup University Muhammadiyah Mataram
  • Nurin Rochayati University Muhammadiyah Mataram
  • Ibrahim Ibrahim University Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i2.8027

Keywords:

Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas.

Abstract

Abstrak: Masih banyak mahasiswa yang kesulitan memahami dan membuat proposal PTK. Hal ini dikarenakan belum memiliki karya tulis ilmiah berupa PTK. Rata-rata penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan penulisan PTK dengan baik dan benar, mahasiswa belum terbiasa menulis dan meneliti, kemudian belum adanya kegiatan pelatihan tentang PTK. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa dalam membuat proposal penelitian tindakan kelas dengan baik dan benar. Lokasi kegiatan pegabdian dilaksanakan di Mataram bertempat di Aula FKIP Ummat dengan tahapan kegiatan terdiri dari sosialisasi, pelaksanaan kegiatan dan penilaian. Hasil Pengabdian bahwa pelaksanaan pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas bagi dapat peningkatan pemahaman dalam membuat proposal penelitian tindakan kelas dengan baik dan benar dan dapat memahami cara menganalisis masalah dikelas, merumuskan masalah dan membuat metode pelaksaan PTK.

Abstract: There are still many students who have difficulty understanding and making Class Action Research proposals. This is because it does not have a scientific paper in the form of Class Action Research. The average cause is a lack of knowledge of writing properly and correctly, students are not used to writing and researching, then there is no training activity on Class Action Research. The purpose of this devotional activity is to know the student's understanding in making class action research proposals properly and correctly. The location of pegabdian activities is held in Mataram located in the Ummat FKIP Hall with the stages of activities consisting of socialization, implementation of activities and assessment. The result of devotion that the implementation of classroom action research writing training can improve understanding in making class action research proposals properly and correctly and can understand how to analyze problems in class, formulate problems and create ptk torture methods.

Author Biographies

Mahsup Mahsup, University Muhammadiyah Mataram


------------------------

Scopus ID: 57214780479

Sinta ID: 6040833

Google Scholar

------------------------

Field of Research Interest:

Mathematics Education

Nurin Rochayati, University Muhammadiyah Mataram

Pendidikan Geografi

Ibrahim Ibrahim, University Muhammadiyah Mataram

Pendidikan Geografi

References

Adriyanto, A., Pramita, D., Abdillah, A., Syaharuddin, S., Mahsup, M., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 01. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3535

Al Jatila, L. O. R. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table Pada Siswa Kelas X-1 SMAN 1 Kulisusu Barat. Jurnal Humanika, 3(15), 14.

Arta Diantoro, S. B., Mahsup, M., & Pramita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP. Paedagoria | FKIP UMMat, 10(1), 01. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.811

Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541

Haryati, S., Sukarno, S., & Siswanto, S. (2021). Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–23.

Hasanah, D. S, Fattah, N. & Prihatin, E. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (DIKLAT) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 85–96.

Herianto, A., Ali, I., Arif, A., & Khosiah, K. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru MTs Dan MI Darul Masakin Desa Bilelando Lombok Tengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 58. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.922

Herianto, A., Nurjannah, N., Mahsup, M., Muhardini, S., Ibrahim, I., & Fitriani, E. (2021). Efforts to Improve Activeness and Learning Outcomes of Integrated Social Sciences Through Time Token Type Cooperative Learning Model. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 719. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.2626

Ilham, I., Bafadal, M. F., Humaira, H., Gani, A. A., & Rahmaniah, R. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Inspirasi Guru Profesional). JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 17. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.9

Jana, P. (2018). Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.527

Kabunggul, Y. dkk. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Android. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 3–6.

Kusuma, A. P. (2019). Pelatihan Penulisan Pembuatan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Abadimas Adi Buana, 3(1), 13–16. https://doi.org/10.36456/abadimas.v3.i1.a1921

Mahmud, H. (2017). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(1), 32–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v1i2.178

Mahsup, & Abdillah, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pada Materi Determinan. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 33. https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.643

Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2018). Pengaruh Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.584

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mandailina, V., & Mahsup. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 2(2), 144–147.

Miaz, Y., Zuardi, Z., & Putera, R. F. (2020). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 19. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.10395

Mukminah, Eka Fitriani, Mahsup, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533

Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Permendiknas. (2010). Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petujuk Teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Kementerian Pendidikan Nasional.

Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 27. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760

Rahmawati, S. (2015). Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Mengajar Dan Kompensasi Terhadap Profesionalisme Guru Di SMK Negeri 3 Palu. Katalogis, 3(12), 67–75.

Sari, N., & Mariyati, Y. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Masyarakat Madani, 4(6), 10. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.3129

Susanti, E., Dicki, D., Dosen, H., Tarbiyah, F., Uin, K., Syarif, S., & Riau, K. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 151–174.

Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., & Damopolii, I. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru IPA Kabupaten Manokwari Papua Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 115. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1155

Downloads

Published

2022-04-25

Issue

Section

Articles