PENINGKATAN PENGETAHUAN MERDEKA BELAJAR ANAK USIA DINI BAGI GURU DI MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

Authors

  • Ayunda Sayyidatul Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fitri Ayu Fatmawati Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i2.8268

Keywords:

Merdeka Belajar, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Abstract

Abstrak: Pandemi covid-19 masih berlangsung hingga sekarang. Tahun 2021 pemerintah mengeluarkan SK bersama dari kemendikbud, kemenag, kemenkes dan mendagri yang memutuskan bahwa kegiatan belajar mengajar sudah diizinkan di sekolah. Dalam mewujudkan merdeka belajar pada masa pembelajaran tatap muka terbatas adanya kegiatan yang dipilih, jika kegiatan pembelajaran yang disediakan hanya 1 kegiatan saja maka esensi dari merdeka belajar tidak bisa dimunculkan. Selain itu, kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini harus mencakup 3 jenis main yaitu main sensorimotor, main peran dan main pembangunan. Sedangkan di lembaga – lembaga PAUD di desa betoyoguci jarang memfasilitasi jenis main peran dan main pembangunan. Untuk itu diperlukan peningkatan pengetahuan tentang merdeka belajar bagi guru melalui kegiatan seminar. Tahapan pelaksanaan kegiatan seminar ini yaitu 1) melakukan kesepakatan dengan lembaga – lembaga PAUD di desa betoyoguci kec. Manyar kab. Gresik 2) perumusan, penyusunan materi dan publikasi kegiatan seminar pengabdian 3) pelaksanaan kegiatan seminar pengabdian. 4) pelaporan kegiatan seminar pengabdian. Jumlah peserta dalam kegiatan ini adalah 10 peserta dan capaian kegiatan pada kegiatan seminar pengabdian adanya peningkatan pengetahuan guru terkait merdeka belajar anak usia di di masa pembelajaran tatap muka terbatas.

Abstract:  The COVID-19 pandemic is still ongoing. In 2021 the government issued a joint decree from the Ministry of Education and Culture, Ministry of Religion, Ministry of Health and Ministry of Home Affairs which decided that teaching and learning activities were permitted in schools.In realizing independent learning during the face-to-face learning period, there are limited activities to choose from, if only 1 learning activity is provided, then the essence of independent learning cannot be raised.In addition, learning activities for early childhood should include 3 types of play, namely sensorimotor play, role play and development play.Meanwhile, early childhood education institutions in the village of Betoyoguci rarely facilitate the type of role play and development play. For this reason, it is necessary to increase knowledge about independent learning for teachers through seminars. The stages of implementing this seminar are 1) making an agreement with early childhood education institutions in the village of Betoyoguci, Kec. Manyar kab. Gresik 2) formulation, preparation of materials and publication of service seminar activities 3) implementation of service seminar activities. 4) reporting of service seminar activities.The number of participants in this activity was 10 participants and the achievements of the activities at the service seminar activity were an increase in teacher knowledge related to independent learning for young children during the face-to-face learning period was limited.

References

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Ipikal Kendala Guru Paud Dalam Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.598

Fatmawati, F. A., & Lilawati, R. A. (2021). Kesiapan Anak Kembali Ke Sekolah Di Era New Normal. Jurnal Abdi Populika, 2(2), 1–9.

Gtk, S. (2020). Dalam Konteks Paud, Merdeka Belajar Adalah Merdeka Bermain. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read-News/Dalam-Konteks-Paud-Merdeka-Belajar-Adalah-Merdeka-Bermain

Ifadah, A. S., & Safira, A. R. (2020). Tutorial Pembuatan Video Pembelajaran Online/Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Populika, 01(2), 38–43.

Kemendikbud, Kemenag, Kemenkes, & Mendagri. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). In Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) (P. 41). Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri.

Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read-News/Merdeka-Belajar

Latif. (2013). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini, Teori Dan Aplikasi. Kencana Prenada Media Group.

Montessori, M. (2013). Metode Montessori: Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orangtua Didik Paud (Pendidikan Anak Usia Dini), Diterjemahkan Oleh Ahmad Lintang Lazuardi Dari The Origin Of An Educational Innovation: Including An Abridged And Annotated Edition Of Maria Montessori`S The . Pustaka Pelajar.

Musbikin, I. (2010). Buku Pintar Paud (Dalam Perspektif Islam). 2010.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar†Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 8(2), 402. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36841/Pgsdunars.V8i2.840

Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini No.146 Tahun 2014. Permendikbud.

Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 76. Https://Proceeding.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Ppn

Redaksi. (2020). Esensi Merdeka Belajar Yang Sebenarnya. Lpmpjatim. Https://Lpmpjatim.Kemdikbud.Go.Id/Site/Detailpost/Esensi-Merdeka-Belajar-Yang-Sebenarnya

Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2021). The Readiness Of Limited Face To Face Learning In The New Normal Era. Jces (Journal Of Character Education Society), 4(3), 643–651.

Sidik, F. M. (2022). Survei Kpai: 61% Ortu Setuju Ptm 100% Meski Covid Menanjak, 39% Menolak. Detiknews. Https://News.Detik.Com/Berita/D-5932864/Survei-Kpai-61-Ortu-Setuju-Ptm-100-Meski-Covid-Menanjak-39-Menolak.

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, 4 Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri 147 (2003).

Unicef. (2020). Guidance For Re-Opening Of Pre-Schools And Kindergartens Post Covid-19.

Downloads

Published

2022-04-29

Issue

Section

Articles