PEMBERDAYAAN GURU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI PARENTING
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v5i3.8971Keywords:
literasi, parenting, komunikasi, pendampingan.Abstract
Abstrak: Salah satu penguatan dalam kehidupan bermasyarakat terutama dalam pendidikan dan perkembangan anak usia dini adalah dengan adanya program pendidikan orangtua atau yang sering disebut parenting. Di masa pandemi covid 19 pendidikan parenting untuk orangtua sangat dibutuhkan. Kesibukan orangtua yang harus membagi perhatian antara pekerjaan dan mendampingi anak belajar di rumah tentu menjadi tantangan yang tidak mudah dihadapi orangtua. Sekolah sebagai agen perubahan ikut bertanggungjawab terhadap pendidikan anak di rumah selama pandemic berlangsung sehingga perlu memberikan penguatan kepada orangtua tentang literasi parenting hal ini bertujuan agar orangtua dapat mendampingi anak belajar di rumah. Berdasarkan identifikasi diketahui tidak semua guru paham bagaimana harus menjalin komunikasi dan bekerjasama dengan orangtua terkait perkembangan anak. Dinas pendidikan Kota Tangerang Selatan bekerjasama dengan fakultas ilmu keguruan Universitas Terbuka mengusahakan memberikan pelatihan dan pendampingan literasi parenting kepada guru SD dan TK agar guru-guru orang dapat melaksanakan program parenting di sekolahnya. Pelatihan ini diikuti 35 guru dari 9 sekolah dengan menggunakan metode webinar dan pedampingan oleh fasilitator. Hasilnya diperoleh 7 dokumen program parenting dengan topik membangun komunikasi empatik, peran guru dan orangtua dalam membangun kesiapan bersekolah dan sinkronisasi pendampingan pembelajaran daring antara guru dan orang tua.Â
Abstract:Â One of strengthening of society life especially education and development of early childhood education is parenting program at school. In pandemic situations, education for parents is very needed. The busy parents must share attention between the job and the accompaniment their kids were learning at home that could be a challenge for parents. As an agent of change, the school has a responsibility to the children's education at home, so that the school has to strengthen the parents. Based on identification it is known that most of the teachers did not understand how to communicate and do teamwork with parents about the development of children. The South Tangerang City education Office in collaboration with the faculty of teacher training of Open University seeks to provide parenting literacy training and accompaniment to elementary and kindergarten teachers so that the teachers can implement parenting programs in their school. This training was attended by 35 teachers from 9 schools using the webinar method and mentoring by facilitators. The results obtained 7 documents parenting program with the topic of building empathic communication, the role of teachers and parents in building school readiness, and synchronizing online learning assistance between teacher and parents.
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Iurnal Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Huda, Miftahul., D. (2018). Korelasi Pemahaman Keteknikan dan Kebermaknaan Praktikum Dengan Literasi Keguruan Teknik Mahasiswa PTE UM. Jurnal Pendidikan, 3(2), 104.
Kus Anjar Siswati dan Sudilah. (2016). Kemampuan Komunikasi Empatik Merupakan Sarana Efektif Bagi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasionall Guru VII, November, 105–113.
Lase, M. B., & Tafonao, T. (2021). Urgenitas Pengawasan Orang Tua Dalam Mendampingi Psikologi Anak Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi. Xairete: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 15–27.
Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orangtua di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8–17.
Magta, M. (2019). Peran Komunikasi Keluarga Terhadap Konsep Diri. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 66. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1070
Magta, M. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi (Pemikiran Kritis & Pengalaman Praktis (best practice) Pendidikan di Masa Pandemi) (1st ed.). Undiksha Press.
Masturi, A. (2010). Melalui Komunikasi Empatik. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 14–31.
Mauanah, S., & Suprijono, A. (2016). Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga. Paradigma, 4(2), 1–10.
Mufarrohah., Fadjryana Fitroh, S., & Rizki Tiara, D. (2021). Pengaruh Program Parenting Berbasis E- Learning terhadap Literasi Orang Tua tentang Sugesti Positif pada Anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10100
Nooraeni, R. (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 31–41.
Nora Zulvianti. (2012). Komunikasi Empati dalam Pelayanan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Dakwah Dan Komunikasi, IV(6), 15.
Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73.
Purnamasari, A., Erlina, L. W., & Mulyani, S. (2019). Pelatihan Komunikasi Empatik Bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah se-PDM Bantul. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 491–498.
Risdoyok, R., & Aprison, W. (2021). Kerjasama guru pai dan orang tua dalam menghadapi pembelajaran selama covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2319–2335.
Rohim, cahya dhina, & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Sa’adah, U. (2017). Parenting Skills Orangtua dan Kesejahteraan Psikologis Anak. In Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam (Vol. 14, Issue 2, p. 5). https://doi.org/10.18860/psi.v14i2.6504
Saputra, A., & Andalas, U. (2020). LITERASI REFERENSI ILMIAH DI PERGURUAN TINGGI : KONSEP DAN MANFAATNYA DALAM MEMBANTU MAHASISWA DALAM MENULIS DAN MEMPUBLIKASIKAN KARYA ILMIAH Andi Saputra Pendahuluan. 22(1), 47–58.
Sari, Esti Swastika., S. P. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. LITERA, 16 (1), 105–113.
Setiadi, R., Gandini, A. L. A., & Kalsum, U. (2020). Parenting Skill Meningkatkan Pengetahuan Orangtua tentang Pembentukan Karakter Disiplin Anak Prasekolah: Parenting Skill Increase Parents Knowledge about The Formation of Children’s Discipline Characters. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(1), 18–23.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123.
Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). PENDAMPINGAN BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.
Vinayastri, A. (2015). Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(1), 33–42.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).