PELATIHAN TOEFL (TEST OF ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE) BAGI GURU-GURU PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v5i3.9228Keywords:
Pelatihan, TOEFL, menyimak, membaca, dan struktur.Abstract
Abstrak: Pemilihan khalayak sasaran didasarkan dari pertimbangan bahwa guru-guru memiliki kemampuan skill TOEFL yang lemah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan peningkatan kemampuan TOEFL Bahasa Inggris pada guru-guru di pesantren Alam Sayang Ibu. Untuk mencapai tujuan tersebut metode pelaksanaan kegiatan ini adalah melalui pelatihan intensif dengan perpaduan teori dan praktek serta diskusi pada kemampuan menyimak, membaca dan struktur. Kegiatan ini diikuti oleh 15 guru dari berbagai bidang ilmu. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan kompetensi guru terhadap test TOEFL. Hasil TOEFL test menunjukkann peningkatan nilai dari 381 menjadi 400. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan kompetensi guru pada TOEFL meningkat setelah pelatihan.Â
Abstract: The selection of the target audience is based on the consideration that teachers have weak TOEFL skills. This activity aims to provide training to improve TOEFL English skills for teachers at the Alam Sayang Ibu Islamic boarding school. To achieve this goal, the method of implementing this activity is through intensive training with a combination of theory and practice as well as discussions on listening, reading and structure skills. This activity was attended by 15 teachers from various fields of science. The results of TOEFL test indicated improvement score from 381 to 400. This improvement showed teacher knowledge and competence on the TOEFL test after the treatment.
References
Ardika, I. W. D., Paramitha, I. G. A. D., & Widanta, I. M. R. J. (2017). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran TOEFL (CBT) dengan Pembelajaran Mandiri di Politeknik Negeri Bali. Sentrinov, 3, 110–119.
Brown, H. D., & Lee, H. (2015). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Languag Pedagody (Fourth Edi). Pearson Education.
Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes TOEFL (Test of English Foreign language) untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen dan Umum. Jurnal Budimas, 02(01), 43–49.
Ilham, Irwandi, Isnaini, Y., Rahmania, R., Hudri, M., & Bafadal, M. F. (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Islam di Kekalik Sekarbela Mataram. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1–10. https://doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4046
Iswati, L. (2021). Pelatihan TOEFL Secara Virtual bagi anggota Nasyiatul ‘Aisyiah Cabang Mantrijeron Yogyakarta. Kacanagara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 247. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v4i2.959
Juliana, Amaniarsih, D. S., & Darmayanti, E. (2021). Pelatihan Toeic Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Profesionalitas Berbahasa Inggris Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1573–1587. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4926
Kuspiyah, H. R., Rohmah, A., & Marwati, E. (2016). Pelatihan Bahasa Inggris Berekuivalensi TOEFL (Test of English as Foreign Language) bagi Guru SMK Muhammadiyah 2 Rawa Bening Oku Timur. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 11(1), 101–107.
Kuspiyah, H. R., Zulaikah, & Nuriah, A. L. (2021). Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(3), 2–6. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4690
Laili, R. N., & Nashir, M. (2020). Pelatihan TOEP (Test of English Proficiency) bagi Dosen STIKES Banyuwangi untuk persiapan Sertifikasi Dosen. Jurnal Abdidas, 1(3), 761–769.
Mubaroh, S., Setya Pratama, M., & Pratiwi, I. R. (2022). Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Berekuivalensi Toefl Bagi Guru Tingkat SMP. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 275–283.
Nugraeni, I. I., Widiyati, M., Rokhayati, T., & Widodo, S. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis TOEFL bagi para Guru SMP se-MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Purworejo. Surya Abdimas, 12(02), 70–76.
Octavita, R. A. I., Saraswati, R., & Santoso, A. (2018). Sosialisasi Bahasa Inggris Berekuivalen TOEFL (Test Of English As A Foreign Language) bagi Guru Yayasan Nara Kreatif Jakarta Timur. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 13. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.168
Situmorang, K., Nugroho, D. Y., Pramusita, S. M., Manurung, E. I., & Albertina, B. C. (2019). Mengenal TOEFL ITP untuk Menunjang Karir Akademik. Jurnal Pendidikan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 430–434.
Syamsurrijal, S., Ceriyani Miswaty, T., & Pahrul Hadi, M. Z. (2021). Pelatihan TOEFL dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Untuk Mencapai Nilai Ideal di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(5), 217–226. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.48
Wijayanti, F., & Miqawati, A. H. (2016). Pelatihan Test of English as A Foreign Language ( TOEFL ) Ekuivalen Anggota UKM E-Club Politeknik Negeri Jember. In Seminar Hasil penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).