PERAN SERTA KEGIATAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma http://orcid.org/0000-0003-1306-6220
  • Juniar Hutagalung STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i3.9245

Keywords:

Adaptasi Teknologi, Kampus Mengajar, MBKM, Sekolah.

Abstract

Abstrak: Salah satu program Kemdikbud dalam mencerdaskan kehidupan bangsa adalah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM ini sangat membantu menjembatani hubungan Perguruan Tinggi dengan perguruan tinggi lain, sekolah dan perusahaan. Dalam mendukung MBKM Kampus Mengajar, maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengambil sasaran di sekolah dasar. Sekolah sasaran yang diambil adalah SD NEGERI 173537 Aek Bolon, Desa Aek Bolon Julu, Kecamatan. Balige, Kabupaten. Toba, Propinsi Sumatera Utara. PKM melibatkan dosen dan mahasiswa. Kegiatan PKM MBKM Kampus Mengajar ini berfokus kepada meningkatkan kualitas sekolah dasar dalam meningkatkan proses belajar mengajar, administrasi sekolah, dan adaptasi teknologi. Hasil dari kegiatan Kampus Mengajar dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar dan mdari pihak guru dapat lebih mengenal teknologi dalam membuat materi pembelajaran. 

Abstract:  One of the Kemdikbud programs in educating the nation's life is the Merdeka Learning Campus Merdeka (MBKM) program. The MBKM program is very helpful in bridging university relationships with other universities, schools and companies. In supporting the Teaching Campus MBKM, Community Service (PKM) activities are targeted at elementary schools. The target school taken is SD NEGERI 173537 Aek Bolon, Aek Bolon Julu Village, District. Balige, Regency. Toba, North Sumatra Province. PKM involves lecturers and students. The MBKM Teaching Campus PKM activity focuses on improving the quality of elementary schools in improving teaching and learning processes, school administration, and technology adaptation. The results of Campus Teaching activities can increase student motivation in the teaching and learning process and teachers can be more familiar with technology in making learning materials.

Author Biography

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

meraih cumlaude di program Magister Komputer Universitas Sumatera Utara

References

Aan Widiyono, Saidatul Irfana, K. F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.

Aisyah. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Anjelina, W., Silvia, N., & Gitituati, N. (2021). Program Merdeka Belajar, Gebrakan Baru Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1977–1982.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.

Autoridad Nacional del Servicio Civil. (2021). MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM): INVENTARISASI MITRA DALAM PELAKSANAAN MAGANG MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Dian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1, 2013–2015.

Bali, E. N., Bunga, B., & Kale, S. (2022). KAMPUS MENGAJAR : UPAYA TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI NUSA TENGGARA TIMUR. 3(1).

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Fatimah, U., Sitorus, S., Rizky, F., Sonata, F., Panjaitan, Z., & Kustini, R. (2022). KemdikbudRistek yaitu Bapak Nadiem Makarim ( Dirjen Dikti. 5(1), 41–48.

Haryati, T. A. (2012). Modernitas Dalam Perspektif Seyyed Hossein Nasr. Jurnal Penelitian, 8(2), 65–78. https://doi.org/10.28918/jupe.v8i2.84

Hutagalung, J., Amrullah, A., Saniman, S., Maya, W. R., & Elfitriani, E. (2022). Digitalisasi Masjid Era Society 5.0 Menggunakan Teknologi Qris Pada Kas Masjid Al-Muslimin. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1), 151–160.

Journal, D., Education, O., Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA : 8(1), 185–201.

Khodijah, N., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., Suryana, E., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2022). Analisis kebijakan merdeka belajar di sekolah. 9, 82–97.

Khotimah, N. R., Riswanto, & Udayati. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Di Sd Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. Sinar Sang Surya ( Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ), 5(2), 194–204.

Lestari, S., Fatonah, K., & Halim, A. (2022). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379

Suryani, L., Mei, A., Dadi, A. F. P., Lina, V. B., & ... (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi Guru Sekolah Dasar Terhadap Desain Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu …, 4(2), 1601–1614. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2050

Syarif, M. I. (2020). Disrupsi Pendidikan IPA Sekolah Dasar dalam Menyikapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Menuju New Normal Pasca COVID-19. Jurnal Basicedu, 4(4), 927–937. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.487

Downloads

Published

2022-07-21

Issue

Section

Articles