Inovasi Pelayanan Publik Izin Mendirikan Bangunan Di Kota Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.31764/jiap.v10i2.11866Keywords:
Service Innovation, Building PermitsAbstract
: Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan bentuk perizinan yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPMPTSPPTK) di Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami inovasi pelayanan publik IMB di Kota Bukittinggi. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data secara primer amaupun sekunder sesuai dengan objek penelitian yang telah ditetapkan Objek penelitian yaitu kesiapan sumber DPMPTSPPTK dalam memberikan pelayanan IMB berbasis sistem dan inovasi SIMBG dalam IMB. Berdasarkan hasil penelitian proses penerapan inovasi pelayanan publik SIMBG sudah berjalan dengan baik. Namun dalam penerapan SIMBG masih terdapat SDM belum paham tentang penggunaan  SIMBG.  Maka  dengan  demikian  DPMPTSPPTK  Kota  Bukittinggi  memperhatikan aksesibilitas dari tekonologi yang diterapkan, karena teknologi informasi dan kecanggihan inovasi pelayanan dalam prakteknya banyak sumber daya manusia kurang paham dalam penggunaan teknologi. Dengan tujuan dapat menerapkan SIMBG dalam pelayanan IMB lebih efektif pada masa yang akan datang.
References
Fajrianti, S. P. (2021). Aplikasi Simponie sebagai Inovasi Pelayanan Publik untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan di Kota Tangerang Selatan. Epistemik: Indonesian Journal of Social and …, 2(1), 13–26.
https://journal.epistemikpress.id/index.php/Epistemik/article/view/45%0Ahttps://jo urnal.epistemikpress.id/index.php/Epistemik/article/download/45/36
Irawan, B., Nizar, M., Akbar, P., & Khanz, A. H. (2020). Inovasi Pelayanan Permohonan Pengajuan Izin Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda. Matra Pembaruan, 4(2), 135–145. https://doi.org/10.21787/mp.4.2.2020.135-145
Junaidi, R. (2012). Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24 Tahun
Tentang Pedoman Teknis IMB ( IMB ) Gedung di Kabupaten Jombang Rahmad Junaidi. Jurnal Jejaring Administrasi Publik, 8, 162–174. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-admp6f01a677322full.pdf
Kiptiyah, M., Pudyaningsih, A. R., & Oktafiah, Y. (2019). Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Penerbitan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Jurnal EMA, 4(1), 30–37. https://doi.org/10.47335/ema.v4i1.36
M Eko Atmojo, Helen Dian F, V. P. P. (2021). Analisis Studi Komparasi Penyelenggaraan Inovasi Pelayanan Publik Di Era New Normal. Jurnal Transformasi Administrasi, 11, 109–123.
Maysara, M., & Asari, H. (2021). Inovasi Pelayanan Publik melalui Sistem Aplikasi Potensi Investasi (Siapi) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP),
(September), 215–226. https://doi.org/10.24036/jmiap.v3i3.290
Mirdawati, Jamaluddin, Niswaty, R., Darwis, M., & Salam, R. (2018). Keefektifan Pelayanan IMB pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 37–44. https://ojs.unm.ac.id/iap/article/view/6535/3724
Publik, I. A., & Mab, U. (2019). Kualitas Pelayanan Dalam Penerbitan Izin Mendirikan
Bangunan ( Imb ) Pada Kantor Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar.
Qodariah, A. L. (2020). Efektivitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (Imb) Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kabupaten Lebak. Peluang. http://ejurnal.ukim.ac.id/index.php/peluang/article/view/303
Setyawan, N. R., Kalalinggi, R., & Anggraeiny, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program E-Samsat di Kantor Samsat Kota Samarinda. EJournal Pemerintahan Integratif, 7(1), 11–20.
Suparman, N. (2017). Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada
Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Jurnal Borneo Administrator, 13(1), 41. https://doi.org/10.24258/jba.v13i1.274
Tasyah, A., Septiya, S., Jasriyani Putri, S., Agung Fernanda, R., & Chesilia Azani, P. (2021). Best practice kebijakan e-government dalam mengimplementasikan pelayanan publik di era new normal. Jurnal Studi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1),
–33. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i1.163
TUMANGGOR, P. R. (2019). PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU ADMINISTRASI PUBLIK PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN
TESIS Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Administrasi Publik Program Studi Magister Ilmu Administrasi Publik pada progra.
Yohanes Susanto, & R.A. Zubaidah. (2021). Bimbingan Teknis Pembuatan dan Penulisan Inovasi Pelayanan Publik Bidang Pendidikan Tahun 2021. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 99–104. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i2.102
Downloads
Published
Issue
Section
License
JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) is the author's right without limitation.