ALUR TAHAPAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SMAN 1 BENGKULU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31764/jiper.v5i2.16904Abstract
Pengembangan koleksi memberi pengaruh besar dalam memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin beragam. Penelitian ini tentang tahapan pengembangan koleksi yang ada di perpustakaan sekolah yakni SMAN 1 Bengkulu Tengah. Tujuan dari penelitian untuk memberikan wawasan terkait apa yang harus dilakukan dalam pengembangan koleksi agar nantinya mampu menjadi bahan rujukan bagi perpustakaan setingkat lainnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan fokus penelitian lapangan secara langsung. Data dikumpulkan dengan proses wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Hasil penelitian ini yakni tahapan pengembangan koleksi yang ditinjau secara garis besar komponen kegiatan tersebut terbagi atas enam komponen, yaitu analisis masyarakat, kebijakan seleksi, seleksi, pengadaaan, penyiangan dan evaluasi koleksi. Perpustakaan. Pengembangan koleksi di Perpustakaan SMAN 1 Bengkulu Tengah sudah dilakukan rutin sesuai anggaran, kebijakan pengembangan koleksi sudah ada namun perlu beberapa revisi untuk dijadikan pedoman baku. Staf perpustakaan yang ada di SMAN 1 Bengkulu Tengah terdiri dari 5 orang yang dibagi menjadi satu orang kepala perpustakaan, dua orang pada layanan pemustaka, satu orang pada layanan teknologi informasi dan satu orang pada layanan teknis, dimana pengembangan koleksi dibawah tanggung jawab layanan teknis.
Kata Kunci:
- Pengembangan
- Koleksi
- Tahapan
Â
References
Afrizal. (2019). Mengenal Koleksi Perpustakaan. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 3(2), 111–115.
Amalia, O. N., & Christiani, L. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Dengan Metode Libqual+TM. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(2), 33–41. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/29978
Anderiyanti, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Buku Paket Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Pada Materi Perubahan Sifat Benda Dikelas III SDN 19/1 Muara Tembesi. In Proceedings of the National Academy of Sciences (Vol. 3, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
Endarti, S. (2022). Perpustakaan sebagai tempat rekreasi informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan. https://journal.isi.ac.id/index.php/JAP/article/view/6990
Fahmi, F. (2009). Pengembangan Koleksi Pada Perpustakaan SMA Al-Azhar Dan SMA Al-Izhar Jakarta: Suatu Perbandingan [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3590/1/97614-FARHAN FAHMI-FAH.pdf
Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 tahun 2007.
UU No. 43 Tahun 2007, (2007).
Iskandar, F. A., Iskandar, & Wijayanti, L. (2022). Kompetensi Pustakawan Dalam Manajemen Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Tinjauan Literature Sistematis. Jurnal Ilmu Perpustakaan JIPER, 4(September), 155–122. https://www.neliti.com/id/journals/jurnal-ilmu-perpustakaan
Kepala Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka. (2018). Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Nasional RI (M. S. Bando (ed.)). Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3026
Laksmi. (2019). Pengembangan Koleksi. In Pustaka.Ut.Ac.Id (pp. 1–49). https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PUST4102-M1.pdf
Mangnga, A. (2015). Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jupiter, 14(1), 38–42. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/download/27/25
Nihayati. (2021). Implementasi Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 13(1), 40–58. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/pustakaloka/article/download/2660/1817
Rodin, R., Diah, ;, Retnowati, A., Yanti, ;, & Sasmita, P. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah (Studi pada Perpustakaan Ceria SMA N 1 Rejang Lebong). Journal of Librarianship and Information Science, 1(1), 1–11. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/light
Simanjuntak, B. A. (2014). Metode Penelitian Sosial (1st ed.). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharti. (2017). Pengembangan Koleksi Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 57, 55–72. http://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9101
Yulia, Y. (2014). Modul : Pengantar Pengembangan Koleksi. In Pengembangan Koleksi. Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4149/1/PUST2250-M1.pdf