PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI BAGI MASYARAKAT UMUM DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Authors

  • Ridwan Ridwan
  • Imam Tri Wahyudi

DOI:

https://doi.org/10.31764/jiper.v1i2.1742

Abstract

Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa kegiatan pelayanan yang dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah cukup baik karena mampu menyediakan bahan pustaka secara tepat dan akurat dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi pemustaka.Salah satu pelayanan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah pelayanan referensi. Pelayanan referensi merupakan kegiatan yang berhubungan langsung dengan pemustaka yang berupa kegiatan tanya jawab dan menggunakan rujukan  yang berhubungan dengan koleksi referensi. Salah satu upaya  yang dapat dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk meningkatkan mutu layanannya. Meningkatkan mutu layanan dapat dilakukan dengan cara mengelola layanan perpustakaan yang representatif berdasarkan kebutuhan pemustaka.

References

Suwarno , Wiji . 2011. Perpustakaan &

buku :Wacana Penulisan & penerbitan .

Jogjakarta : Ar – Ruzz Media.

Abdul Kadir. 2002: Pengenalan sistem informasi.

Penerbit andi, Yogyakarta.

Anton M, Meliono. 1995: kamus besar

Bahasa Indonesia. P.T ellex media

komputindo, Jakarta.

http://novanardhi.blogspot.co.id/2012/10/pusta

awan-dalam-sebuah perpustakaan

http://download.portalgaruda.org/article.php?

rticle=184146&val=6390&title=La

yanan%20dan%20Pelayanan%20Perpusta

aan%20:%20Menjawab%20Tantangan

%20Era%20Teknologi%20Informasi

http://widodostaff.uns.ac.id diakses pada tgl. 13

September 2014 Jam 11.15 WIB Kamus

Besar Bahasa Indonesia.1976.

http://www.sarjanaku.com/2012/11

pengertian-informasi-menurut

para- ahli.html?m=1

Downloads

Published

2020-01-29

Issue

Section

Articles