EVALUASI KOLEKSI MONOGRAF MENGGUNAKAN METODE CONSPECTUS DI UPT PERPUSTAKAAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR PERIODE PENGADAAN TAHUN 2018

Authors

  • Asmawarny Fitriana UIN Alauddin Makassar
  • Saenal Abidin UIN Alauddin Makassar
  • Andi Ibrahim UIN Alauddin Makassar
  • Hildawati Almah UIN Alauddin Makassar
  • Ayu Trysnawati UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jiper.v5i2.17784

Abstract

ABSTRAK:

Penelitian ini berjudul “Evaluasi Koleksi Monograf Menggunakan Metode Conspectus di UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar Periode Pengadaan Tahun 2018â€. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi tingkat kekuatan dan kelemahan koleksi monograf pada pengadaan tahun 2018 di UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar dengan pendekatan metode conspectus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara mengevaluasi koleksi menggunakan lembar kerja conspectus sebanyak 84 judul koleksi yang menjadi sampel penelitian. Kemudian dianalisis dengan melakukan distribusi persentase kelas utama klasifikasi Dewey (000-900); analisis tingkat kekuatan dan kelemahan koleksi monograf; cakupan kronologis; dan analisis cakupan bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kekuatan  pada koleksi monograf berdasarkan indikator level conspectus berada pada kelas 000 (Karya umum), 100 (Filsafat), 600 (Ilmu Terapan) dan 800 (Kesusastraan) dengan aras tingkat 3a yaitu Study or Instructional Support Level, Introductory (Aras pendukung kebutuhan instruksional/kajian, pengantar). Sedangkan untuk tingkat kelemahan koleksi terdapat pada kelas 700 (Kesenian) dengan aras tingkat 1a yaitu Minimal Level Even Coverage (Aras minimal, cakupan tidak merata).

References

DAFTAR PUSTAKA

Badriyah, N. (2007). Penerapan Metode Conspectus Untuk Mengukur Intensitas Koleksi Monograf di Badan Perpustakaan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Periode Pengadaan Tahun 2003. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3 (6), 49–52. https://doi.org/10.22146/bip.8269

Hardi, W. (2005). Kajian Koleksi Bidang Linguistik dengan Metode Conspectus di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Indonesia. (2014). PP Nomor 24 Tahun 2014 tentang Perpustakaan. Indonesia.

Laksmi. (2019). Pengembangan Koleksi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Murnahayati. (2018). Pengadaan Bahan Pustaka pada Perpustakaan Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.15548/jib.v2i1.29

Rahmayanti, S. (2018). Evaluasi Intensitas Koleksi Bidang Ilmu Perpustakaan Dengan Menggunakan Metode Conspectus Bidang Kelas 000-900 Tahun Pengadaan 2016- 2017 di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Ratnaningsih. (2012). Evaluasi Koleksi Jurnal Elektronik Ebsco Menggunakan Metode Conspectus di Perpustakaan IPB. Tesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Suyanto, A. (2012). Evaluasi Koleksi Perpustakaan Bidang Ilmu Kebidanan Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Aisiyah Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode Conspectus. Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles