INFORMATION SHARING BEHAVIOUR DI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jiper.v2i2.3456Abstract
Media sosial saat ini telah mengubah cara orang berkomunikasi, berbagi konten, berinteraksi, dan berkolaborasi. Saat ini, media sosial menjadi platform yang berharga untuk memfasilitasi berbagi informasi dan komunikasi, tidak hanya pada tingkat pribadi atau individu, tetapi juga organisasi. Tren ini telah menarik perhatian secara signifikan dibidang profesional dan akademis. Namun, terlepas dari pertumbuhan penelitian yang cepat di bidang ini, beberapa upaya telah dilakukan untuk meninjau secara sistematis dan menggabungkan temuan-temuan dari survei sebelumnya, dan untuk menilai kondisi penelitian saat ini terkait prilaku berbagi informasi di media sosial. Tujuan utama dari makalah ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik, dan tinjauan rinci, dari keadaan penelitian saat ini mengenai prilaku berbagi informasi dimedia sosial. Pada makalah ini melakukan pendekatan kajian literatur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyintesis data mengenai keakuratan dan nilai artikel sebelumnya yang difokuskan pada bidang ini. Hasil dari makalah ini melihat penggunaan media sosial, aktivitas berbagi informasidi media sosial dan faktor-faktor dalam prilaku berbagai informasi di media sosial. Faktor pribadi dan faktor lingkungan sangat mempengaruhi dalam prilaku berbagai informasi di media sosial. Pada makalah ini sebagian besar studi difokuskan pada perilaku berbagi informasi di media sosial. Tinjauan literatur menunjukkan bahwa, berbagi informasi pada media sosial semakin banyak dilakukan oleh masyarakat sehingga memberikan area untuk penelitian penelitian lebih lanjut.References
Bandura, A.(1989). Human agency in social
cognitive theory. AmericanPsychologist.
(9) 1175-1184.
Bandura, A. (2001). Social cognitive theory of
mass communication. Media Psychology,
(3), 265-299.
Bock, G.W., Zmud, R.W., Kim, Y.G. & Lee,
J.N. (2005). Behavioral intention
formation in knowledge sharing:
Examining the roles of extrinsic
motivators, social-psychological forces,
and organizational climate.MIS
Quarterly, 29(1), 87-111.
Carrigan, M. (2016).Social media for academics.
London: Sage.
Chiu, C., Hsu, M. & Wang, E. (2006).
Understanding knowledge sharing in virtual
communities: An integration of social
capital and social cognitive
theories.Decision Support Systems, 42(3),
-1888.
Hsu C.,& Lin J. C. (2008). Acceptance of blog
usage: The roles of technology acceptance,
social influence and knowledge sharing
motivation. Information & Management,
(1):65-74.
Jansen, B. J., Sobel, K., &Cook, G., (2011).
Classifying ecommerce information
sharing behaviour by youths on social
networking sites. Journal of Information
Science, 37(2), 120–136
Jarvenpaa, S., & Staples, D. (2000). The use of
collaborative electronic media for
information sharing: an exploratory study
of determinants.Journal of Strategic
Information Systems, 9(2-3), 129-154.
Jolaee, A., Md Nor, K., Khani, N., & Md Yusoff,
R. (2014). Factors affecting knowledge
sharing intention among academic
staff.International Journal of Educational
Management, 28(4), 413-431.
Kaplan, A.M., & Haenlein, M.(2010). Users of
the world, unite! The challenges and
opportunities of social media. Bus. Horiz,
(1), 59–68.
Osatuyi, B. (2013). Information sharing on social
media sites. Computers In Human Behavior,
(6), 2622–2631.
Ramayah, T., Yeap, J. A., & Ignatius, J. (2013).
An empirical inquiry on knowledge sharing
among academicians in higher learning
institutions.Minerva, 51(2), 131-154.
Srivastava, A., Bartol, K. M., & Locke, E.A.
(2006). Empowering leadership in
management teams: Effects on knowledge
sharing, efficacy, and
performance.Academy of Management
Journal, 49(6), 1239-1251.
Wu, L., Che, P.N., Abdullah R., & Rahman, W.
(2015). An analysis of knowledge sharing
behaviours in requirement engineering
through social media. 9Th Malaysian
Software Engineering Conference (Mysec).