PEMBERDAYAAN PEDAGANG DUREN MELALUI STRATEGI PROMOSI INOVATIF PADA DESA KEKAIT LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31764/jp-publik.v3i2.20952Kata Kunci:
Pemberdayaan, Pedagang Duren, Promosi, StrategiAbstrak
Masih rendah ketrampilan pedagang dalam mempromosikan hasil bumi duren. Tujuan dilakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya pemberdayaan pedagang duren melalui strategi inovatif pada desa kekait Lombok Barat. Metode yang digunakan adalah sosialisasi pada pedagang. Hasil Pengabdian kepada masyarakat ini diketahui bahwa antusias dari pedagang dalam memperkenalkan media social sebagai media promosi dagangan kepada umum. Keberadaan program ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil penjualan duren dari waktu ke waktu. Kedepan diperlukan event skala nasional dan internasional dengan membuat duren sebagai icon kekait sebagai hasil bumi di tanah Lombok khususnya Desa Kekait Gunung Sari.ÂReferensi
S. Nurhayati, M. I. Fasa, R. Panjaitan, D. Indriyani, and R. M. Fadlyansyah, “Digital Marketing Literacy for Marginalized Society To Improve Society’S Economic Empowerment,†Pros. ICoISSE, vol. 1, no. 1, pp. 505–516, 2020.
S. Sundari and H. D. Lestari, “PEMASARAN DIGITAL DALAM KEWIRAUSAHAAN,†WIKUACITYA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 94–99, 2022, doi: 10.56681/wikuacitya.v1i1.23.
T. Rohmawati, E. Selvia, E. Monica, R. Welizaro, and H. Saputra, “Teknologi pemasaran digital untuk branding,†J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 5, no. 3, p. 638, 2021, doi: 10.52362/jisamar.v5i3.479.
G. Octavia and W. P. Sari, “Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting,†Prologia, vol. 2, no. 2, p. 339, 2019, doi: 10.24912/pr.v2i2.3598.
H. F. Mavilinda, A. Nazaruddin, N. Nofiawaty, and L. D. Siregar, “Menjadi ‘UMKM Unggul’ Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal,†Sricommerce J. Sriwij. Community Serv., vol. 2, no. 1, pp. 17–28, 2021, doi: 10.29259/jscs.v2i1.29.
S. S. Alitriyanti, I. R. Prodi, M. Komunikasi, and I. Komunikasi, “Pemanfaatan Konten Komunikasi Pemasaran Digital Melalui Konten Interaksi,†Bandung Conf. Ser. Commun. Manag. , vol. 2, no. 2, pp. 782–786, 2022.
S. Priambada, “Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM),†SESINDO 2015, vol. 2015, 2015.
A. D. Riyanto and M. F. Noeris, “Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Online untuk Pelaku UMKM di Cilacap,†J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 53–57, 2018.
K. Srirejeki, “Aplikasi Media Sosial untuk Pemberdayaan USAha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Ekonomi Digital,†Masy. Telemat. Dan Inf., vol. 7, no. 1, p. 233770, 2016.
S. Sudirwo, A. Nurriqli, and M. Risanta, “Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru,†J. Ris. Inspirasi Manaj. Dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 1, pp. 50–57, 2021.
P. PIRMANSYAH, “EFEKTIVITAS PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL (FACEBOOK) SEBAGAI MEDIA BISNIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Toko Furniture Di Kabupaten Pesisir Barat).†UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.
G. Farell, T. Thamrin, and I. Novid, “Pelatihan pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan pemasaran dan kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto,†Suluah Bendang J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 19, no. 1, pp. 42–47, 2019.
I. Suryani, “Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk dan potensi Indonesia dalam upaya mendukung ASEAN community 2015.(Studi Social media marketing pada twitter kemenparekraf ri dan facebook disparbud provinsi jawa barat),†J. Komun., vol. 8, no. 2, pp. 123–138, 2014.
F. F. Nurussofiah, U. Karimah, S. Khodijah, and U. Hidayah, “Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi,†Dev. J. Community Engagem., vol. 1, no. 2, pp. 127–143, 2022.