PENGUATAN KONSEP UNTUK WISATA DESA SANGIANG DI KECAMATAN WERA KABUPATEN BIMA

Penulis

  • Nurhayu Nurhayu UMMAT
  • Rahmad Hidayat
  • Mintasrihardi Mintasrihardi
  • Muhammad Aprian Jailani

DOI:

https://doi.org/10.31764/jp-publik.v3i2.21131

Kata Kunci:

Konsep, Wisata, Potensi Wisata

Abstrak

Pariwisata adalah salah satu yang menjadi prioritas untuk dikembangkan oleh
pemerintah. Potensi itu tentu bisa menjadikan daerah tersebut sebagai destinasi
wisata baru. Seharusnya pariwisata menjadi sektor penting dalam memberikan
pemasukan serta sumber pendapat bagi pembangunan disuatu daerah. Titik
sentral antara pariwisata dengan pembangunan berkelanjutan adalah ekowisata.
Salah satu daerah yang memiliki potensi adalah desa sangiang yang ada di
kabupaten Bima. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, analisis
data serta pendeskripsian data. Terdapat empat aspek potensi pariwisata yang
didapati seperti Atraksi yang meliputi gunung berapi sangiang, karombo wera
(gua peninggalan sejarah), penenun tradisional, festival perahu, makanan khas,
dan lain sebagainya. Aksesbilitas seperti akses jalan yang sudah cukup baik
sampai ke lokasi. Amenitas seperti adanya pedagang dan toko/kios yang menjual
kebutuhan minimal wisatawan. Anciliriatas yaitu adanya kelompok sadar wisata
(Pokdarwis). Peran masyarakat ditunjukan seperti menerima dengan baik
kedatangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Alternatif konsep yang
bisa dikembangkan lagi seperti (1) Pengemasan Potensi Wisata, (2) Peningkatkan
sarana dan prasarana, (3) Peningkatan tatakelola manajemen pariwsata, (4)
Peningkatan promosi

Referensi

Awaluddin, M., & Hidayat, R. (2018). Kerusakan Lingkungan dalam Kegiatan Peningkatan

Produktivitas Manusia Sebagai Tantangan Pemerintah Daerah. Public Inspiration: Jurnal

Administrasi Publik.

Costa, C. (2020). Tourism planning: a perspective paper. Tourism Review.

https://doi.org/10.1108/TR-09-2019-0394

DPR & Presiden Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang No 10 tahun 2009 Tentang

Kepariwisataan. Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Habibi, P., Azizurrohman, M., & Novita, D. (2021). WHALE SHARK TOURISM AND WELL-BEING: A [5]

CASE STUDY OF LABUAN JAMBU. Jurnal Ilmiah Hospitality. https://doi.org/10.47492/jih.v10i1.670

Hall, C. M., & Weiler, B. (1992). What’s special about special interest tourism? In Special Interest

Tourism.]

Hendra, A., 1 , N., & Hidayat, R. (2022). Evaluasi Pengelolaan Ekowisata: A Systematic Literature Review. Https://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/KolaborasiK.

, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural di SD Negeri SangianPulau Kabupaten Bima. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA.

https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15205

Hidayat, R., & Suryono, A. (2014). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN DANA BOS DANLAPORAN KEUANGAN BOS. REFORMASI.

Muhammad Nursan, Z. A. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN DESA MANTAR SEBAGAI KAWASAN

DESA WISATA DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT. Jurnal Biologi Tropis.

https://doi.org/10.29303/jbt.v17i2.407

Nawawi, M. (2021). Optimalisasi Sektor Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keislaman,

Kemasyarakatan Dan Kebudayaan.

Nazwin, A. H., & Hidayat, R. (2022). Evaluasi Pengelolaan Ekowisata : A Systematic Literature

Review. 8.

Nisak, Z. (2004). ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI KOMPETITIF. Jurnal Ekbis.

Pitana, I. G., & Gayatri, P. G. (2005). Sosiologi pariwisata. Yogyakarta. STPBI Press.

Rahmafitria, F., Pearce, P. L., Oktadiana, H., & Putro, H. P. H. (2020). Tourism planning and planning

theory: Historical roots and contemporary alignment. Tourism Management Perspectives.

https://doi.org/10.1016/j.tmp.2020.100703

Rahmatillah, T. P., Insyan, O., Nurafifah, N., & Hirsan, F. P. (2019). Strategi Pengembangan Desa

Wisata Berbasis Wisata Alam dan Budaya Sebagai Media Promosi Desa Sangiang. Jurnal Planoearthttps://doi.org/10.31764/jpe.v4i2.970

Salmin, Palahuddin, Rahmad Hidayat, Amil, M. (2022). Penguatan Sistem Administrasi SkalaPrioritas Pemerintah Desa. Jces.

Selva, S., Tri Yunarni, B. R., & Hidayat, R. (2016). PENGARUH DIMENSI-DIMENSI NILAI YANG

DIPERSEPSIKAN, KEPUASAN, KETERLIBATAN, DAN KEPERCAYAAN MEREK PADA LOYALITAS MEREK.Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v2i2.125

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31