PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF Di DESA MELALUI SOSIALISASI DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA KECIL MIKRO MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31764/jp-publik.v2i1.8910Kata Kunci:
Sosialisasi, Digital marketing, UMKMAbstrak
Pengembangan ekonomi kreatif dilaksanakan melalui pengembangan UMKM yang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat desa. Pandemic covid 19 berdampak sangat besar terhadap penjualan produk UMKM. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai digital marketing bagi pelaku usaha UMKM. Peserta dari kegiatan ini adalah kelompok UMKM Desa Teniga serta Ikatan Mahasiswa Teniga (IKAMAT). Metode kegiatan ini adalah pemaparan materi menggunakan slide power point serta diskusi atau tanya jawab antara pemateri dan peserta kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pemahaman peserta kegiatan mengenai media pemasaran online yaitu paperclick atau SEO.Referensi
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2022). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri . Generation Journal , 41-48.[1]
Rachmawati, D., Ramadhani , N., Komarullah, T. A., & Purnama, A. (2021). Sosialisasi Peranan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ujung Genteng . Proceedings , 154-168.[2]
Rizal, M., Laila, A. N., Ali, N., Rohmah, N., Maula, M. N., & Waasiah, R. (2021). Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Di Desa . Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 287-293. [3]
Woelandari, D. S., & Setyawati, N. W. (2018). Sosialisasi Menggunakan Media Sosial Berbasis Digital . Jurnal Komunitas, 01-05.[4]
Zitri, I., Rosiastawa, A., & Hadi, A. (2023). Mencapai Target Sustainable Development Golas’s (SDG’s) di Desa Sermong Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2021. Journal of Social and Policy Issues, 41-45.
Widayat, R. M., Nurmandi, A., Rosilawati, Y., Qodir, Z., Usman, S., & Baharuddin, T. (2022). 2019 Election Campaign Model in Indonesia Using Social Media. Webology, 19(1), 5216-5235.
Zitri, I. (2022). Collective Action Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Percepatan Pariwisata Desa Labuan Kertasari untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 4(1), 85-102.
Widayat, R. M., Nurmandi, A., Rosilawati, Y., Nashir, H., Jubba, H., & Baharuddin, T. (2022, July). Differences in Campaign Strategy Between “Indonesian Work†and “Indonesia Adil Makmur†Via Twitter in The 2019 Election. In 3rd International Media Conference 2021 (IMC 2021) (pp. 82-90). Atlantis Press.
Kurniawan , e., Nofriadi , & Maharani, D. (2021). Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat , 31-36.[5]
Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto , B. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 28-35.[6]
ewi , M. H., Trunajaya, I., Kesumajaya, I. W., & Adigorim, I. (2018). Penerapan Digital Marketing Dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Pelaku UMKM di Kabupaten Klungkung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 19-24.[7]
Susanto, B., Hadianto , A., Chariri, F. N., Rochman , M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 42-47.[8]
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hidayatullah, A. W. (2021). Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi dan Pemasaran . Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage , 88-92.[9]
Rimawan , M., Ernawati, S., & Fatir, M. (2022). Membangkitkan UMKM Kerupuk Singkong Desa Tonggrisa Di Masa Pendemi Covid 19 melalui Sosialisai Digital marketing dan Inovasi Produk untuk Meningkatkan Pendapatan. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 177-182.[10]