Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Wisata Alam dan Budaya Sebagai Media Promosi Desa Sangiang
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpe.v4i2.970Keywords:
Desa wisata, strategi, promosi, SWOTAbstract
Pengembangan desa wisata berdasarkan budaya dan potensi alam berkembang pesat di Indonesiadan memberikan pemasukan besar bagi pembangunan. Salah satudesa yang berpotensi dikembangkan sebagai desa wisata adalah Desa Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu mengenai permasalahan mendasar terkait pengembangan desa wisata alam dan budaya di Desa Sangiang serta upaya mengatasi permasalahan tersebut, mencari tahu sejauh mana peranan dari masyarakat Desa Sangiang dalam mendukung pengembangan desa wisata Sangiang dan pada akhirnya dari penelitian ini diharapkan dapat menemukan strategi pengembangan desa wisata berbasis wisata alam dan budaya sebagai media promosi Desa Sangiang.Adapun metode yangdigunakan dalam analisis adalah deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Dari penelitian ini ditemukan bahwapermasalahan dasar yang menghambat pengembangan wisata di Desa Sangiang berupa pelayanan sarana dan prasarana yang belum maksimal. Di sisi lain kekuatan yang dimiliki Desa ini dalam mengembangkan  wisata  adalahmasyarakat  setempat  sudah  ikut  berperan  dalam pengembangan desa wisata. Setelah dilakukan analisis, strategi yang dapat dilakukan dalam mengembangkan Desa Wisata Sangiang yaitu peningkatan kualitas pelayanan sarana prasarana, menjaga dan melestarikan potensi wisata, meningkatkan promosi wisata, dan mengemas seluruh potensi wisata menjadi kesatuan paket wisata
References
I Made Adi Dharmawan, I Made Sarjana, and I Dewa Ayu Sri Yudhari, “Strategi Pengembangan Desa Wisata di Desa Belimbing Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabananâ€, Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, Vol 3, No. 1, Januari 2014.
Fariz Zakaria and Rima Dewi Suprihardjo,â€Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasanâ€, Jurnal Teknik POMITS, Vol 3, No. 2, 2014.
Rangkuti, SWOT Analysis, Gramedia, Jakarta, 2009.
Zaenafi Ariani, and Muhammad Nursan, “Strategi Pengembangan Desa Mantar sebagai Kawasan Desa Wisata di Kabupaten Sumbawa Baratâ€, Jurnal Biologi Tropis, Vol 17, No. 2, Desember 2017