PEMBINAAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31764/sjpu.v2i1.1714Keywords:
pembinaan siswa sekolah dasar, olimpiade sains nasional, elementary school student coaching, national science olympiadAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan memberikan pengetahuan melalui pembinaan kepada siswa-siswa Sekolah Dasar di kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat untuk pendalaman materi dan pelatihan soal olimpiade sains, sehingga siswa-siswa Sekolah Dasar di kecamatan Gunungsari dapat mengikuti seleksi olimpiade ke tingkat kabupaten bahkan ke tingkat provinsi (Nasional). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendekatan secara langsung, ceramah dan praktik. Metode pendekatan dilakukan dengan observasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa-siswa Sekolah Dasar dengan memberikan soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN). Metode ceramah dilakukan melalui sosialisasi dan pembinaan dengan memberikan latihan-latihan soal OSN beserta pembahasan penyelesaiannya. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dari para siswa-siswa Sekolah Dasar dalam mengikuti Olimpiade dan bagi guru sebagai pembimbing olimpiade mendapatkan ilmu tambahan serta dapat berinovasi dalam memberikan materi pelajaran di sekolah.
Â
Absract: Community service activities aimed at providing koelwedge through coaching to elementary school students in Gunungsari subdistrict, West Lombok regency for the deepening of the material and the running of the science olympiad questions, so that elementary school students in the Gunungsari subdistrict can take part in the selection of the olympics to the district level, even to the national level. This activity used several consist direct approach, lecture or practical. The method of approach is carried out by observing the problems faced by elementary school students by giving questions about the national science olympiad. Lecture method is carried out through socialization and coaching by providing exercises about the national science olymiad and its discussion. The result of this activity is to improve the ability of elemenatry school students to take part in the olympics and for the teachers as olympicd supervisors to gove additional knowledge and be able to innovate in providing school subject matter.
References
DP2M Dikti. 2017. Buku Panduan Pelaksanaan Penelitiandan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XI Tahun 2017. Jakarta.
LPM UM Mataram. 2017. Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat dan Prosedur Penulisan Proposal. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Depdiknas. 2018. Olimpiade SAINS Tingkat Nasional dan Asean. Jakarta: Depdiknas