WORKSHOP METODE PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU DI SD IT SUBULUSSALAM SAMARINDA

Authors

  • Gamar Al Haddar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31764/sjpu.v2i2.2242

Keywords:

Workshop, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya yakni melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan guru di kelasnya sendiri dengan merencanakan, melaksanakan, mengamati dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipasif. Manfaat kegiatan workshop ini bagi guru yakni Membantu guru dalam memberikan pegetahuan tentang membuat karya tulis ilmiah melalui penelitian tindakan kelas Penelitian Tindakan Kelas (PTK) juga digunakan untuk kenaikan pangkat/ golongan dan lomba guru berprestasi Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada bulan 23 November 2019 bertempat di Sekolah dasar Islam terpadu Subulussalam Samarinda. Tahapan dalam kegiatan workshop meliputi penyajian materi, dan diskusi. Hasil pengabdian didapatkan adanya berbagai persoalan yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya pembekalan pemahaman tentang penelitian tindakan kelas maka guru semakin kreatif dan inovatif. Guru juga menjadi paham tentang cara penyelesaiaan persoalan pembelajaran dengan menggunakan metode ilmiah. Guru dapat mengikuti lomba kreativitas guru, lomba guru berprestasi dan meningkatkan pangkat atau golongannya melalui sebuah penelitian

References

Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, A. R. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Tira Smart.

Suyadi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Diva Press

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Erlangga.

Downloads

Published

2020-07-01

Issue

Section

Articles