PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT BAGI GURU AKUNTANSI SMK DI KOTA MALANG

Authors

  • Sheila Febriani Putri Universitas Negeri Malang
  • Sunaryanto Sunaryanto Universitas Negeri Malang
  • Dhika Maha Putri Universitas Negeri Malang
  • Maculine Muhammad Muqorobbin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31764/sjpu.v3i1.2923

Keywords:

Training and mentoring, accounting MGMP teachers, ICT

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan guru MGMP akuntansi Kota Malang dalam meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan di bidang ICT sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi di era globalisasi saat ini. Metode pelaksanaan didesain berdasarkan metode pemberdayaan masyarakat meliputi identifikasi peserta dan target sasaran, persiapan alat dan bahan pelatihan, pemberian materi bagi peserta sasaran, pelatihan dan pendampingan mengoperasikan power point, pelatihan dan pendampingan mengoperasikan google formulir, dan keberlanjutan. Kegiatan ini dilakukan kepada 33 guru MGMP akuntansi Kota Malang. Hasil kegiatan menunjukkan peserta sebanyak 33 orang mampu menerima materi tentang RPS Daring, mengoperasikan power point bersuara, membuat akun google, mengatur google drive sebagai penyimpangan yang terstruktur dan mengaplikasikan goolge formulir dengan baik serta me-rename link dengan menggunakan aplikasi sehingga link yang di-share dapat lebih menarik. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, 33 orang guru mampu menerapkan dan bisa memberikan motivasi kepada guru lain untuk memanfaatkan ICT dalam pembelajaran akuntansi.

References

Adi Widarma.,Khairul Saleh. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Power Point, Wondershare Quiz Creator, Dan Edmodo di SMK Apipsu Medan. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Dwi Yulianto Nugroho.,dkk. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan:Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring Di YPK Penabur Bandarlampung. PKM CSR, (2).

Erlis Nurhayati. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Pedagogy:Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3).

Hasanah, Dedeh. S. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Guru Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11 (2).

Kharisma Danang Yuangga., Denok Sunarsi. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Jarak Jauh Di Pandemi Covid-19. Jurnal Guru Kita, 4(3).

Mumuh Muliana.,dkk. (2020). Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 4(1).

Muntasir., Sigit Purnawan., Mustakim Sahdan. (2018), Penerapan Alat Peniris Serbaguna Model Silinder Sistem Sentrifuse Untuk Meningkatkan Mutu Dan Higienis Produk Kerupuk Jagung Kelimutu Sikumana Kota Kupang, Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Maret 2018 – e. ISSN: 2550-082. Hal. 50-55.

Mustakim Sahdan, Sigit Purnawan, Muntasir, Hari Rarindo., Sri Prilmayanti. (2018), Penerapan Mesin Pengaduk Adonan dan Etalase Produk Pada Usaha Pembuatan Kue Ulenan dan Donat di Pasar Tradisional Penfui Kota Kupang. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 2 No. 2 Oktober 2018 – E. ISSN: 2550-0821 hal. 28-34.

Niken,B. (2020). Sistematik Review:Dampak Perkuliahan Daring Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya,8(2).

Pius Weraman, Muntasir, Lewi Jutomo, Harijono. (2019). Alat Pengering Model Rak Bersusun Sistem Kolektor Plat Datar Sumber Energi Panas Matahari Untuk Meningkatkan Mutu Dan Higienis Produk Industri Kecil Kerupuk Dan Jagung Marning Usaha Sima Indah Kupang. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 3 No. 1 Maret 2019 – e. ISSN: 2550-0821 hal. 88-94.

Reny Nabila., Tina Kartika., (2020)., WhatsApp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi:Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2).

Ruci Pawicara., Maharani Conilie. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. Alveoli:Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (1).

Sarah,Busyra., Lutfiah Sani. (2020). Kinerja Mengajar Dengan Sistem Work From Home (WFH) pada guru di SMK Purnawarman Purwakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1).

Susilowati, I., Sutanto, Himawan. A., & Daharti, R. (2013). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dengan Pendekatan Analysis Hierarchy Process. Jejak 6 (1).

Syaidah, Umu., Suyadi, Bambang., Ani,Hety. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 12 (2).

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru Dan Dosen. 2005. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-01-11

Issue

Section

Articles