PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA BERBASIS GEOGEBRA UNTUK MENINGKAKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMAHAMKAN KONSEP MATEMATIS SISWA SDN 2 TAMANSARI

Authors

  • Yuni Mariyati Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Intan Dwi Hastuti Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nursina Sari Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Khosiah Khosiah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sukron Fujiaturrahman Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Supriadin Supriadin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Syafruddin Muhdar Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rahmat Hidayat SDN 2 Tamansari

Keywords:

Aplikasi Geogebra, Konsep Matematis

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkakan kemampuan guru dalam memahamkan  konsep matematis siswa SDN 2 Tamansari melalui pelatihan pembuatan media berbasis Geogebra. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendekatan secara langsung, ceramah, diskusi dan praktik. Metode pendekatan dilakukan dengan mengkaji permasalahan atau kendala yang dialami guru-guru dalam memahamkan konsep matematis siswa SDN 2 Tamansari, selanjutnya memberikan pelatihan terkait pembuatan media berbasis Geogebra sehingga mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahamkan kosep matematis. Diakhir kegiatan dilaksanakan evaluasi terhadap media-media yang telah dibuat oleh peserta. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media berbasis Geogebra untuk memahamkan konsep matematis siswa.

 

References

Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 299–302.

Erlinawati. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Motivasi Pelajaran Matematika. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.21

Mariyati, Y., Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., Fujiaturrahman, S., Sari, N., Hastuti, I. D., & Darmayanti, N. W. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Audiovisual Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Sdn 1 Dopang Dalam Mengoptimalkan Kegiatan Belajar Dari Rumah (Bdr). Jurnal Warta Desa (JWD), 3(3), 142–147. https://doi.org/10.29303/jwd.v3i3.131

Nasution, S. H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(April), 14–18.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Rusmana, I., & Isna, I. (2012). Efektivitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 3.

Tamam, B., & Dasari, D. (2021). The use of Geogebra software in teaching mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012042

Downloads

Published

2023-08-04