ANALISIS PEMASARAN BERAS MERAH DI KELURAHAN KARYA BARU KECAMATAN SORAWOLIO
DOI:
https://doi.org/10.31764/agrotek.v6i1.953Keywords:
Pemasaran, Beras Merah, Margin, EfisiensiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)sistem pemasaran beras merah di Keluarahan Karya Baru, (2) besar biaya, margin dan keuntungan yang diterima oleh tiap lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran beras merah dan (3) untuk mengetahui sistem pemasaran yang efisien dilakukan oleh lembaga pemasaran di Keluarahan Karya Baru.
Populasipenelitian adalah keseluruhan petani yang mengusahakan beras merah yang berjumlah 22 petani. Penentuan responden dilakukandengan metodesensus dengan mengambil keseluruhan petani yang berjumlah 22 petani responden. Penentuan sampel pedagang dengan metode Snowbell sampilngsehingga diperoleh pedagang pengumpul Desa sebanyak dua orang dan pedagang pengecer kota Baubau dua orang.PadasaluranpemasaranpolaI diperoleh margin pemasaranditingkatpedagangpengumpulkelurahansebesar Rp2.500/kg,biaya yang dikeluarkansebesar Rp 160/kg, keuntungan yang diterimasebesarRp 2.340/Kg. Margin pemasaranpadapedagangpengecersebesar Rp 2.000/kg, biayasebesar Rp 100/kg dankeuntungan yang diterimasebesar Rp 1900/kg.Padasaluranpemasaranpola II, margin pemasaranditingkatpedagangpengecersebesar Rp 3.000/kg, biaya yang dikeluarkansebesar Rp 200/kg, keuntungan yang diterimasebesar Rp 3.800/kg.NilaiEfisiensipemasaranSaluranpemasaranpola I sebesar 71,5% dansaluranpemasaran pola II sebesar 75%. Sehingga sistem pemasaranberas di KelurahanKaryaBarudikatakanefisien.References
Badan Pusat Statistik, 2015. Kota Baubau Dalam Angka. Kota Baubau.
Mubyarto. 1994. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES, Jakarta.
Darmawati. 2005. Analisis Pemasaran Mendong di Kabupaten Sleman. Skripsi.Universitas Sebelas Marei. Surakana. Tidak dipublikasikan.
Downloads
Published
2019-02-22
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish articles in Jurnal Agrotek Ummatagree to the following terms:- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).