PELAKSANAAN PDK (PEMBELAJARAN DARING KALABORATIF) ITP MARKANDEYA BALI DENGAN STKIP SINAR PANCASILA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v7i1.20606Keywords:
Pembalajaran Daring, Kolaboratif.Abstract
Penelitian ini mengevaluasi persepsi mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) antara ITP Markandeya Bali dan STKIP Sinar Pancasila. Mayoritas responden menganggap positif pengalaman berkolaborasi dengan mahasiswa dari institusi lain, melihatnya sebagai kesempatan untuk memperluas jejaring sosial dan berbagi pengalaman. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini menjabarkan secara deskriptif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 76 orang Mahasiswa atau Mahasiswi semester III dan V dari Kampus ITP Markandeya Bali dan Kampus STKIP Sinar Pancasila dalam proses pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yakni kuesioner dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi jenis pertanyaan tertutup, semi tertutup, dan terbuka yang dibagikan menggunakan google form. Analisis data menggunakan Triangulasi data hasil kuesioner. PDK dinilai memberikan manfaat dalam pertukaran ide, pengembangan keterampilan kerja tim, dan komunikasi. Meskipun respons umumnya positif, beberapa kendala teknis seperti masalah sinyal internet dan kesulitan jadwal menjadi hambatan. Analisis peluang menunjukkan bahwa PDK dapat memberikan keuntungan, termasuk kolaborasi lintas daerah, akses lebih luas terhadap sumber daya pendidikan, dan perkembangan keterampilan kolaboratif. Perbaikan teknis dan penyesuaian jadwal diidentifikasi sebagai langkah kunci untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan PDK di masa mendatang.
References
Adawiyah, Y. R., & Jennah, L. (2023). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Maharoh Kitabah Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5059
Arifin, H. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan. Widya Balina, 5(1). https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.47
Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., & Antika, R. N. (2020). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 77–86. https://doi.org/10.35585/inspir.v10i1.2564
Hafid, M. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MAHASISWA PRODI EKONOMI SYARIAH PADA MATA KULIAH AKHLAK TASAWUF. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i2.607
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Jubaedah, & Rusmaladewi. (2020). Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati Vol 16 No 2, Desember 2020 33. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 17(2), 33–46.
Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1199
Napitupulu, C. A., Ananda, K., Praticia, R., Rahmadini, V. W., Timang, J. H., Kampus, K., Nyaho, T., & Raya, P. (2020). 10.36873/jph.v16i2.2239 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING (ONLINE COLLABORATIVE LEARNING) DALAM RANGKA PEMBENTUKAN DUKUNGAN SOSIAL MAHASISWA PG PAUD FKIP UNIVERSITAS PALANGKA RAYA. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi : Pintar Harati, 16(2).
Nyoman Kanca, I., Ginaya, G., Nyoman, N., Astuti, S., & Negeri Bali, P. (2021). Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah secara Daring pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Pariwisata. Proceedings, 5.
Pratama, H. A. P., & Mansur, H. (2023). Pemanfaatan Microsoft Teams Sebagai Learning Management System Untuk Mendukung Pembelajaran Kolaboratif. J-INSTECH: Journal of Instructional Technology, 4(2), 47–57.
Priyambudi, S., Setyowati, Y., Eka, Z., Rifayanti, T., Murdani, M. H., & Putra, U. W. (2021). Prosiding SemNas 2021 - Surya Priyambudi. Jurnal Prosiding.
Qisthi, N., Diella, D., & Suharsono, S. (2022). Efektivitas pembelajaran daring berbasis Google Docs terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 10(2), 198. https://doi.org/10.23971/eds.v10i2.3208
Rachmatullah, N., Mukarromah, D., & Sutabri, T. (2023). Learning Management System Berbasis Cloud dalam Model Pembelajaran Blended Learning Pada Fakultas Saintek UIN Raden Fatah. Jurnal Fasilkom, 13(02), 132–137. https://doi.org/10.37859/jf.v13i02.5024
Sari Bonatua, Dipa, D. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3850–3857.
Setyawan, A., Sholihah, A., Rita, S. M., Alfiya, N., & Nurfajri, R. A. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 1(1), 570–571.
Wihartanti, A. R. (2022). PARTISIPASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR PADA BLENDED LEARNING. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130
Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 83–90. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.981
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.