KEBIASAAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN HANDPHONE SELAMA COVID-19 MENGAKIBATKAN KETERGANTUNGAN: SEJAUH MANA SISWA BERKONTRIBUSI DALAM PEMBELAJARAN PASCA COVID-19 TANPA PENGGUNAAN HANDPHONE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v7i1.20819Keywords:
Keywords, Covid-19, Mobile Phone, Learning Results.Abstract
Tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar hasil belajar bahasa Indonesia yang diperoleh siswa pasca covid-19 tanpa adanya penggunaan handphone. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan Propotionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, kuesioner, dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana meliputi uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar tanpa penggunaan handphone terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan data hasil pengujian SPSS versi 24.0 yang menggunakan rumus uji t pada taraf signifikansi 0,05. Pengaruh kebiasaan belajar tanpa penggunaan handphone terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD SD Hikmah 1 dan SD Hikmah 2 YAPIS di kota Jayapura, Provinsi Papua ditandai dengan nilai thitung > ttabel yakni 3,265 >2,001. Besarnya pengaruh kebiasaan belajar tanpa penggunaan handphone terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD SD Hikmah 1 dan SD Hikmah 2 YAPIS di kota Jayapura, Provinsi Papua tergolong cukup kuat yaitu sejumlah 82% dengan sisa 12% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.References
Abel, T., & McQueen, D. (2020). The COVID-19 pandemic calls for spatial distancing and social closeness: not for social distancing!. In International journal of public health. https://doi.org/10.1007/s00038-020-01366-7.
Aunnurahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ernawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu ditinjau dari Hasil Belajar. Jurnal Elementary, Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 6, No. 1, (90-98). https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12315.
Firmansyah, Yudi, And Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah dan Peserta Didik. Jurnal Buana Ilmu 4 (2): 99–112.
Gatti, F., & Procentese, F. (2021). Local Community Experience as an Anchor Sustaining Reorientation Processes during COVID-19 Pandemic. Sustainability, 13, 4385.
Kapola, P., Kouzelis, G., & Konstantas, O. (Eds.). (2020). Imprints in times of danger. Athens: Nissos (in Greek).
Mel´endez, J. C., Satorres, E., Reyes-Olmedo, M., Delhom, I., Real, E., & Lora, Y. (2020). Emotion recognition changes in a confinement situation due to COVID-19. J. Environ. Psychol, 72, Article 101518.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UNESCO. (2020). COVID-19 Educational Disruption and Response. Unesco.Org.
Zulfikar, Nur. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Di MTS Negeri 1 Makassar. Journal Educandum. Volume 8 Nomor 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.