Komparasi Strategi, Metode, dan Media Pembelajaran Bahasa Arab Daring dan Luring di Sekolah Dasar

Authors

  • Sakinah Naziha Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Online Learning, Offline Learning, Compare.

Abstract

Abstract: The pandemic Covid-19 has brought many changes and influences in all fields. One of them is in the educational environment, which in this case is elementary school. Arabic learning which was originally done outside the network (face to face), must be carried out online (online) because there is no direct interaction between humans. This of course will raise new problems, because they occur very suddenly. The purpose of this study was to see how the comparison of offline and online Arabic learning at MI Negeri 3 Malang. The method used in this research is qualitative which will be analyzed descriptively. Sources of data collected by observation and interviews. The results of this study indicate that learning Arabic at MIN 3 Malang is better and more effective if it is done directly (offline). According to the teacher, the success of teaching Arabic online is very dependent on the strategies, methods and media the teacher chooses to deliver the material.

Abstrak: Pandemi Covid-19 membawa banyak pengaruh serta perubahan disegala bidang. Salah satunya yaitu di lingkungan pendidikan, yang dalam hal ini adalah sekolah dasar. Pembelajaran bahasa Arab yang semula dilakukan di luar jaringan (tatap muka), harus dilaksanakan secara daring (online) karena tidak boleh adanya interaksi secara langsung antar manusia. Hal ini tentu akan menaikkan masalah-masalah baru, karena terjadi sangat mendadak. Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana perbandingan pembelajaran bahasa Arab secara luring dan daring di MI Negeri 3 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang akan dianalisis secara deksriptif. Sumber data dikumpulkan dengan observasi serta wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di MIN 3 Malang lebih baik dan efektif jika dilakukan secara langsung (luring). Menurut sang pengajar, keberhasilan pengajaran bahasa Arab secara daring sangat bergantung pada strategi, metode hingga media yang dipilih guru dalam menyampaikan materi.

References

Andayani. (2015). Problema dan Aksioma: dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Muhith, A. (2013). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab: Penerapan Quantum Learning. Jember: Interpena.

Solihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta : PT Bumi Aksa.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 281-288.

Darling-Hammond, L., & Hyler, M. E. (2020). Preparing educators for the time of Covid and Beyond. European Journal of Teacher Educationn, 457-465.

Hidayat, M. T., Hasim, W., & Hamzah, A. (2020). Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Solusi atau Masalah Baru. Journal Civics and Social Studies, 46-58.

Mahmuda, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nabighoh, 129-138.

Widodo, P., & Najibuzzamzam, A. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Daring Dan Tatap Muka Penjaskes Mts Darussa’adah Pada Masa Pandemi Tahun Ajaran 2019/2020. JUMORA: Jurnal Moderasi Olahraga, 1-9.

Yuangga, K. D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid-19. Guru Kita, 51-58.

Yuliani, E., & Saputri, R. (2022). Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom dan Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP Unma.

Faturrahman, M. R. (2021). Perbandingan Keterlaksanaan Strategi Pembelajaran Pjok Di Kota Dan Di Desa Di Masa Pandemic Covid-19 (skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2022-08-02

Issue

Section

Articles