Analisis Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukodono
Keywords:
Learning media, E-comic, Social Studies material.Abstract
Abstract: This research to determine the process and feasibility of developing E-Comic Media in Indonesia Social Studies material for 5th grade Elementary School. The method used is research and development, The sample used is from the population of SDN Kedungsukodani, namely all 5th grade students totaling 26 students. Model The development model used is the Plomp development model consisting of 4 stages preliminary investigation, design, realization/construction and test, evaluation, revision. The data collection technique is the distribution of questionnaires. Data analysis technique namely validity test and feasibility test. In this study, it was concluded that the social media material e-comic media get the results of the teacher's response questionnaire score of 94.4% with a decent category, then the results of the student response questionnaire scores worth 84.5% with a fairly decent category.
Abstrak: Pembelajaran daring dalam pelaksanaannya menjumpai berbagaip masalah, mulai dari ketidakefektifan hasil belajar siswa dan juga perubahan perilaku sosial siswa yang ditemukan di sekolah dasar negeri di kecamatan Sukodono. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak pembelajaran daring terhadap interaksi sosial siswa sekolah dasar negeri di kecamatan Sukodono. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah survei deskriptif dengan jenis pendekatan kuantitatif non-eksperimen. Sampel dalam penelitian ini siswa sekolah dasar Negeri dengan Teknik sampling random. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari temuan penelitian menunjukkan dampak pembelajaran daring terhadap interaksi sosial siswa sekolah dasar ditujukkan dengan perubahan perilaku sosial anak diantaranya yaitu: (1) perilaku membangkang kepada orang tua, (2) berselisih dengan teman, (3) perilaku mengejek teman kurangnya sikap tolenrasi antar teman, (4) kurangnya keinginan bersaing secara akademis, (5) kurangnya sikap kooperatif pada siswa, (6) Perilaku ketergantunggan pada orang lain karena kurangnya sikap bertanggung jawab dan nilai kejujuran, (7) perilaku ketergantunggan diri dengan orang lain karena kurangnya sikap mandiri, (8) kurangnya rasa simpati terhadap teman.
Â
References
Budiastuti, D. D., & Bandur, A. (2018). Validitas Dan Reliabilitas Penelitian. Mitra Wacana Media.
Hamdi, A. S., & Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan (A. Anas (ed.); 1st ed.). Deepublish.
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Minarwati, Binti, L. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VIII(1), 91–104.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi (G. Azmi (ed.); Cetakan Pe). KENCANA.
Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 1–7.
Putra, Antony, A., Wahyuni, Windi, I., & Ajriyah, A. (2021). Pengaruh penggunaan handphone pada siswa sekolah dasar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 79–89.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajeme, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen (H. A. Zein (ed.); cetakan pe). Deepublish.
Safitri, K., Fauzi, T., & Andriani, D. (2021). Dampak Pembelajaran daring terhadap Interaksi Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 143–152. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
Shalihah, N. F. (2020). No Title. KOMPAS.Com Artikel Ini Telah Tayang Di Kompas.Com Dengan Judul “Pandangan Para Ahli Soal Social Distancing Dan Physical Distancingâ€, Klik Untuk Baca: Https://Www.Kompas.Com/Tren/Read/2020/03/30/071700465/Pandangan-Para-Ahli-Soal-Social-Distancing-Dan-Phys. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/30/071700465/pandangan-para-ahli-soal-social-distancing-dan-physical-distancing?page=all
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati, S. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5.