Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Suku Mbojo Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar
Keywords:
Ethnomathematics-Based E-Module, Increasing Liveliness.Abstract
Abstract: The purpose of this study is to produce an e-Module media product based on ethnomathematics of the Mbojo tribe to increase the activeness of grade IV elementary school students and to find out the practicality and effectiveness of the e-Module product developed packaged in the form of grade IV elementary school mathematics learning. In this study, researchers used the ADDIE meliputi: 1 (Analysis), 2 (Design), 3 (Development), 4 (Implementaion), 5 (Evaluation). Based on the results of research conducted at SDN Inpres Kalmap 1 and SDN Inpres Kalampa 2 Woha, Kabupaten Bima. Data processing was taken using student response questionnaires and the results of activeness observation questionnaires using pretest and Posttest using the N-Gain score. The results of the expert analysis of SDN Inpres Kalampa 1 practitioners with a total average score of 88% are in the very practical qualification. As well as the ability of the results of the observation questionnaire analysis of student activity measured by the N-Gain score test with an average result of Pretest 45,66%, Posttest 89%, which shows that there is an increase after using the Ethnomathematics-Based e-Module Media of the Mbojo Tribe. The result of the N-Gain score with an average score of 0,79% in the high criteria and the N-Gain score percent with an average score of 79,53% in the effective cathegoti.
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan suatu produk media e-Modul Berbasis Etnomatematika Suku mbojo Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dan untuk mengetahui Kevalidan, Kepraktisan dan Keefektifan produk media e-Modul yang dikembangkan dikemas dalam bentuk pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan model ADDIE meliputi, 1 (Analysis), 2 (Design), 3 (Development), 4 (Implementation), 5 (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN Inpres Kalampa 1 dan SDN Inpres Kalampa 2 woha, Kabupaten Bima, Pengolahan data diambil dengan menggunakan angket respon siswa dan hasil angket observasi keaktifan menggunakan Pretest dan Posttest dengan menggunakan N-Gain Score. Hasil analisi ahli praktisi SDN Inpres Kalampa 1 dengan total nilai rata-rata 88% berada pada kualifikasi Sangat Praktis. Serta kemampuan hasil analisis angket observasi keaktifan siswa diukur dengan uji N-Gain Score dengan hasil rata-rata Pretest 45,66%, Posttest 89%, yang menunjukkan bahwa ada peningkatan setelah menggunakan Media e-Modul Berbasis Etnomatematika Suku Mbojo. Hasil N-Gain skor dengan rata-rata nilai 0,79% dalam kriterial tinggi dan N-Gain Score Persen dengan rata-rata nilai 79,53% dalam kategoti efektif.
References
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751
Nelawati, Meriyati, Putra, R. W. Y., & Simatupang, A. T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Etnomatematika Suku Komering Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Nurhafni. (2017). Eksistensi Rumah Tradisional “Uma Lengge†Sebagai Destinasi Wisata Budaya di Nusa Tenggara Barat. ELIC 2017.
Rahmawati, E. (2019). Etnomatematika pada Gapura Gesibu Blambangan Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Skripsi.
Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta., 63.