Pengembangan Modul Ajar Berbasis Ensiklopedia untuk Menunjang Hasil Belajar Siswa SD
Keywords:
Module, Encyclopedia, Learning Outcomes, Learning,Abstract
Abstract: This study aims to develop an encyclopedia-based module for elementary school students. The research method uses the 4D model development method (define, design, develop, disseminate). The research was conducted at SDN Sori Taloko. The research sample used class V as many as 28 students. Before being used, the encyclopedia-based module is tested for validity and the implementation process. Data analysis uses N-Gain to analyze the effect of using the module on student learning outcomes. The results showed that the results of the assessment of the validity of the module by media experts were 88.4% (very valid), material experts were 87.5% (very valid) and linguists were 87.5% (very valid). The results of the practicality assessment in terms of student responses showed a value of 80.9% (very practical). The results of the effectiveness test using N-Gain obtained a value of 0.754 or 75.4%. This value indicates that the encyclopedia-based teaching module is effective on cognitive learning outcomes of students at SDN Sori Taloko.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis ensiklopedia bagis siswa SD. Metode penelitian menggunakan metode pengembangan model 4D (define, design, develop, disseminate). Penelitian dilakukan di SDN Sori Taloko. Sampel penelitian digunakan kelas V sebanyak 28 siswa. Sebelum digunakan, modul berbasis ensiklopedia terlebihdahulu diuji kevalidan dan proses pelaksanaannya. Analisis data menggunakan N-Gain untuk menganalisis pengaruh penggunaan modul terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian kevalidan modul oleh ahli media sebesar 88,4% (sangat valid), ahli materi sebesar 87,5% (sangat valid) dan ahli bahasa sebesar 87,5% (sangat valid). Hasil penilaian kepraktisan ditinjau dari respon siswa menunjukkan nilai 80,9% (sangat praktis). Hasil uji keefektifan menggunakan N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,754 atau 75,4%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa modul ajar berbasis ensiklopedia efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa SDN Sori Taloko.
References
Agung, Purwoko. (2001). Panduan Penelitian PTK.Semarang: Unnes Press.
Aisyah & Jaenudin, R. (2017). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1), 1–11.
Al-Tabany.(2015). Mendisain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual.Jakartal Pernada Media.
Azwar, S. (1997).Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diansyah, A., Tanjung, F., Nasution, A.H. (2021).Pengambangan bahan ajar ensiklopedia pada mata kuliah sejarah Indonesia masa Hindu-Buda.Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 24-29.
Hidayat, Arif, dkk. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hokum-Hukum Dasar Kimia untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMA 1 Teras.Jurnal pendidikan kimia (JPK)
Nizaar, M., Haifaturrahmah, Abdillah, Sari, N., Sirajuddin.(2021). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.Basicedu, 5(6), 6150-6157.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1792
Oktavia, Setiawan, E., Dewi, T.A. (2021). Pengembangan media pembelajaran modul berbasis gambar pada materi IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMPN 3 Batanghari Lampung Timur.Edunomia, 1(2), 153-163.
Plomp, T. (2013). Educational Design Research : An Introduction. Dalam T. Plomp & N. Nleveen (Penyunting), Educational Design Researc.Enschede : SLO Netherlands Institute For Curriculum Development
Rere, H. H. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Batang.Economic Education Analysis Journal, 6(1), 202-206.
Setiawan, W., & Sari.(2018). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Diferensial Berbasis Konflik Kognitif.Jurnal Elemen.
Suarmawan, K.A., Meitriana, M.A., Haris, I.A., (2019). Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Singaraja.Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11 (2), 528-539.