Implementasi Model Evaluasi Cipp dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an

Authors

  • Aziz Muzaki Program Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Magelang http://orcid.org/0000-0003-2500-5804
  • Imam Mawardi Program Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

Learning Evaluation, CIPP, Memorizing of Qur'an

Abstract

Abstract: This study aims to evaluate the context, input, process and product of the Tahfidzul Qur'an learning program at Tahfidzul Qur'an Islamic Kindergarten Al Ikhlash Sawangan, Magelang. This research is an evaluative research type with a descriptive qualitative approach, in this study using the CIPP evaluation model (Context, Input, Process, Product). Analysis of the data used in this study by reducing the data, after that it is presented in the form of a description, and verified by drawing conclusions. From the results of the study which was adapted to the CIPP evaluation model, it can be concluded that in terms of the outcome of the Tahfidzul Qur'an program in Tahfidzul Qur'an Al Ikhlash Islamic Kindergarten can be said to be successful and clear.

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi contexs, input, process dan product pada program pembelajaran tahfidzul Qur'an di TK Islam Tahfidzul Qur’an Al Ikhlash Sawangan, Magelang. Penelitian ini adalah jenis penelitian evaluative dengan pendekatan kualitatif deskriptif, pada penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi, dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang disesuaikan dengan model evaluasi CIPP maka dapat disimpulkan bahwa dari segi outcome program Tahfidzul Qur’an di TK Islam Tahfidzul Qur’an Al Ikhlash dapat dikatakan berhasil dan jelas.

References

Anwar, S. (2017). Implementation of Tahfidzul Qur ’ an Education At Elementary School-Aged Children At Pesantren Nurul Iman Tasikmalaya. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(2), 263–282.

Arifin, Zaenal, 2015, Tahfidzul Qur’an Program at SDIT Fajrul Islam Wiradesa Pekalongan Centre of Java Indonesia, Journal of Social Sciences and Humanities, 1 (2): 92-97.

Arikunto, Suharsimi & Cepi Safruddin Abdul Jabar, 2009, Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, 2013, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azim, Ahmad Ali, 2016, Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an bagi Mahasiswa di Pesantren Al Adzkiya’ Nurus Shofa Karangbesuki Sukun Malang, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim

Faizin, I. (2021). Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP. Al Miskawaih, 2, 99–118.

Harfiani, R., & Mavianti. (2019). PKM Peningkatan Kualitas Guru PAUD Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Inklusif di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Rizka Harfiani Mavianti Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Email : rizkaharfian. IHSAN, 1(1).

Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188–198.

Munthe, Ashiong P, 2015, Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan, Tangerang: Universitas Pelita Harapan.

Naimah, K. (2020). Pendidikan Agama Islam Sebagai Basic Education Anak Usia Dini. El Wahdah,

Nawas, Nazia & Syeda Farhana Jahangir, 2015, Effects of Memorizing Quran by Heart (Hifz) On Later Academic Achievement, Journal of Islamic Studies and Culture, 3 (1): 58-64.

Nurhalimah, Siti, 2012, Efektivitas Sistem Pembelajaran Tahfidzul Qur’an, Salatiga: STAIN Salatiga.

Putra, A. T. A., Zarita, R., & Nurhafidah. (2021). evaluasi program pendidikan agama islam menggunakan model evaluasi cipp. zawiyah, 7(2), 55–76.

Rifa’i, A. (2018). Pendidikan Tahfiz Anak Usia Dini (Taud). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 11(23), 113.

Risdoyok. (2021). Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfiz Selama Daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 73.

Sriyono, 2012, Peningkatan Kemampuan Membaca Alqur’an Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Karang Kajen Kecamatan Secang Kabupatten Magelang Tahun 2012, Salatiga: STAIN Salatiga.

Widagda, Ahmad Roni Surya, 2009, Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles