Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD NU Al Falah Gajah Baureno Bojonegoro
Keywords:
CTL Learning Model, Learning Outcomes, Mathematics,Abstract
Abstract: This study aims to determine the significant improvement in students' mathematics learning outcomes in circular shapes, through the application of the learning model contextual teaching and learning (CTL). This research is a quantitative research with experimental research type, the design used is pre-experimental design with one group pre-test - post-test. Sampling using probability sampling technique of simple random sampling, sample measurements are calculated using the Solvin Technique. The sample used was 10 students from class IV SD NU Al Falah, this study only used the experimental class. The data were collected using structured interviews and test questions, the test instruments used were validity tests and reliability tests, while data analysis used normality tests, homogeneity tests. Hypothesis testing using t-test and N-Gain test, based on the results of the t-test data analysis using a significance level of 0.05. It can be concluded that the value of tcount > ttable (12.284 > 1.833), means that Ho is rejected and Ha is accepted and based on the N-Gain test, the effect is 35,7%. So, it can be concluded that there is a significant effect on the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model to the Class IV students of SD NU Al Falah mathematics learning outcomes.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan yang signifikan hasil belajar matematika siswa materi keliling bangun datar, melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain yang digunakan yaitu pre experimental desain dengan one group pre test – post test. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling, pengukuran sampel dihitung menggunakan teknik solvin. Sampel yang digunakan berjumlah 10 siswa dari kelas IV SD NU Al Falah Gajah, penelitian ini hanya menggunakan kelas eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan wawancara terstruktur dan tes soal, uji coba instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji N-Gain, berdasarkan hasil analisis data uji-t menggunakan taraf signifikansi 0,05. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel (12,284 > 1,833), berarti Ho ditolak dan Ha diterima dan berdasarkan uji N-Gain besar pengaruh yang didapatkan sebesar 35,7%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD NU Al Falah Gajah Baureno Bojonegoro.
References
Arikunto, Suharsimi. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam) . Indonesian Journal of Islamic Education – Vol. 6 No. 1, Mei (2019), 6, 19-32.
Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Fitriyah, Murtadlo, A., & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Man Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, Vol. 9 No.2 Juni 2017 , 9, 108-112.
Huda, M. (2019). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat . BINA GOGIK, Volume 5 No. 2, September 2018 , 5, 13-23.
Lahir, S., Ma'ruf, M. H., & Tho'in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi . Edunomika Vol.01, No.01, Februari 2017, 1, 1-8.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Presentatif dalam Memahami Peserta . Bandung: CV Pustaka Setia.
Purwanto. (2012). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional . Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 17, No. 02, Oktober 2016, 17, 94-106.
Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, & Getan, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Volume 5, Nomor 1, Mei 2019, 5, 83-92.
Siregar, S. (2020). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2012). Statiska Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Syah, Muhibin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.