Pengembangan Alat Peraga Roda Pintar sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri
Keywords:
Smart Wheel Props, TrigonometryAbstract
Abstract: This study aims to determine the development of Smart Wheel Teaching Aids as Learning Media in Mathematics on Trigonometry Materials, knowing the validity, effectiveness, and practicality of Smart Wheels Teaching Aids as Mathematics Learning Media in Trigonometry Materials. Research conducted by researchers is a type of development research. Research and development research and development (R&D) is research that is used to produce certain products and test the effectiveness of these products. The development model of the smart wheel props used in this research is 4-D (Define, Design, Develop, and Disemination) which was developed by S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel and modified Semmel. The results of the study for the average score obtained from media expert validators obtained by adding up the total score of each validator divided by the number of aspects, the average score obtained from media expert validators is 3.30 is said to be valid. The average score obtained from the material expert validators is obtained by adding up the total score of each validator divided by the number of aspects. The average score obtained from the material expert validators are: a) the quality aspect, which is 3.8, is said to be valid; b) the content aspect, namely 4.1 is said to be valid. The results of the limited trial obtained an average percentage of 4.71 with practical criteria. Field trials The average score was 4.70. Learning outcomes obtained a percentage value of 90.3% with very effective criteria. So that the media of the smart wheel props is said to be feasible to be used as a learning medium.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Alat Peraga Roda Pintar Sebagai Media Pembelajaran pada Matematika Materi Trigonometri, mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan Alat Peraga Roda Pintar Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Trigonometri. Penelitian yang dilakukan peneliti merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian dan pengembangan reserch and deverlopmen (R&D) merupakan penelitian yang di gunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan alat peraga roda pintar yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D (Define, Design, Develop, and Disemination) yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Semmel yang dimodifikasi. Hasil penelitian untuk Skor rata-rata yang diperoleh dari validator ahli media diperoleh dengan menjumlahkan skor total tiap validator dibagi dengan banyaknya aspek, skor rata-rata yang diperoleh dari validator ahli media yaitu 3,30 dikatakan valid. Skor rata-rata yang diperoleh dari validator ahli materi diperoleh dengan menjumlahkan skor total tiap validator dibagi dengan banyaknya aspek. Skor rata-rata yang diperoleh dari validator ahli materi yaitu: a) aspek kualitas yaitu 3,8 dikatakan valid; b) aspek isi yaitu 4,1 dikatakan valid. Hasil uji coba terbatas diperoleh rata-rata presentase 4.71 dengan kriteria praktis. Uji coba lapangan Skor rata-rata diperoleh 4.70. Hasil belajar memperoleh nilai persentase 90,3% dengan kriteria sangat efektif. Sehingga media alat peraga roda pintar dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran
References
Annisah. (2016). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1)1-15. 11, 2016.
Adriyanto, A., Pramita, D., Abdillah, A., Syaharuddin, S., Mahsup, M., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 01. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3535
Arta Diantoro, S. B., Mahsup, M., & Pramita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP. Paedagoria | FKIP UMMat, 10(1), 01. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.811
Dewi, N. kurnia. (2020). Penggunaan Media Roda Putar Puzzle Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SD. Jurnal Teknodik, 79–89. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.335
Emzir. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun RuangDengan Metode Creative
Problem Solving ( CPS ) Pada Siswa Kelas VIII SMP. 3(1), 27–33.
Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541
Handayani, N., Wijayanti, A., & Listyarini, I. (2018). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantu Media Roda Pintar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 404. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16158
Herianto, A., Nurjannah, N., Mahsup, M., Muhardini, S., Ibrahim, I., & Fitriani, E. (2021). Efforts to Improve Activeness and Learning Outcomes of Integrated Social Sciences Through Time Token Type Cooperative Learning Model. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 719. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.2626
Kriswandani. (2013). Pengembangan Kartu Domano ( Domino Matematika Trigono ) Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Trigonometri. 62–75.
Kurniawan. (2017). Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 26(9), 1689–1699.
Larasati, A. T., & Suryaman, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ropi (Roda Pintar) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SD. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33379/primed.v1i1.693
Mashuri. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Segitiga Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing Siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E- Saintika, 4(2), 80. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.169
Mulhamah. (2018). Fobia dalam Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar. El-Midad : Jurnal Jurusan PGMI, 10(1), 1–12. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/501
Mahsup, & Abdillah, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pada Materi Determinan. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 33. https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.643
Mahsup, M., Abdillah, A., & Mandailina, V. (2019). Tri Out Ujian Nasional Dan Pembahasanya Pada Soal Matematika Siswa Kelas IX MTs Daarusy Syifaa Tirtanadi Lombok Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 12. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.904
Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2017). Sosialisasi Media Pita Bilangan Matematika Siswa Sekolah Dasar Desa Gelangsar Lombok Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 25. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.10
Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2018). Pengaruh Metode Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.584
Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673
Mandailina, V., & Mahsup. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 2(2), 144–147.
Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.6
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612
Mukminah, Eka Fitriani, Mahsup, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533
Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509
Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 27. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760
Riyani. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 56 Kota Bengkulu. Skripsi tidak di Terbitkan. Bengkulu: IAIN Bengkulu. 20(5), 40–43.
Sirajuddin, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Kombinasi Pendekatan Matematika Realistik Dan Scientific Pada Siswa Kelas VII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.316
Surayya. (2021). Tinjauan Media Pembelajaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 8–27.
Susanto. (2016). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta Yudha. Skripsi, 15(2), 1–23.