Efektifitas Metode Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Keywords:
Effectiveness, Learning methods, Collaborative, Critical thinking Mathematics.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan efektivitas meode pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan hasil berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Metode yang dipilah dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel terkait pendidikan matematika dalam kurun waktu 2018 – 2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 50 artikel jurnal nasional dan internasional terakreditasi yang diperoleh dari Google Schoolar, Research Gate, SINTA, DOAJ, dan Scopus. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa metode pembelajaran kolaboratif Mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analisis serta mampu bekerja sama dalam pemecahan masalah matematis pada siswa.
Abstract: This study aims to conduct a literature review related to the effectiveness of collaborative learning methods in improving students' critical thinking results in learning mathematics. The method selected in this study is the SLR (Systematic Literature Review) method. Data collection was carried out by documenting and reviewing all articles related to mathematics education in the period 2018 – 2023. The articles used in this study were 50 accredited national and international journal articles obtained from Google Schoolar, Research Gate, SINTA, DOAJ, and Scopus. Based on this research, it was found that collaborative learning methods are able to improve critical thinking skills, analysis and are able to work together in solving mathematical problems in students.
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Agama, K., & Nagan, K. (n.d.). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. 24–32.
Ardiansyah, M. R., & Indiati, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis pembeljaran matematika . Menurut Hidayati & Widodo ( 2015 ) Kemampuan penalaran matematika Indonesia memiliki skor rata-rata 379 da. 4(3), 205–213.
Dewi, N. W. I. S., Suarsana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 12(1), 26–41.
Fatra, M., Khalis, T., Fakultas, M., Tarbiyah, I., Hidayatullah, U. I. N. S., Tarbiyah, F. I., & Hidayatullah, U. I. N. S. (n.d.). Implementasi K13 pada Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif. 1, 1–28.
Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. 5, 6644–6649.
Hanik, N. R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Komparasi yang Diintegrasikan dengan Pendekatan Kolaboratif Ditinjau dari Kemampuan Analisis Mahasiswa Implementation of a Comparative Learning Model which is Integrated with a Collaborative Approach in terms of Student ’ s. 4(2), 114–122.
Hayati, E. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair And Share ( Tps ) Untuk Meningkatkan Kemampuan.
Lubis, R., Harahap, T., & Nasution, D. P. (2020). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe-Nht. 8(4), 378–384.
Mandailina, V., & Pramita, D. (2020). Peningkatan kemampuan aritmatika untuk perhitungan cepat operasi aljabar siswa madrasah aliyah. 4(2), 101–106.
Margunayasa, I. G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. 3(3), 269–277.
Matematis, K. L. (n.d.). 2 , 2 , 2. 1–10.
Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533
Nizaar, M., & Sari, N. (2021). Jurnal basicedu. 5(6), 6150–6157.
Pambudi, D. S., Jember, U., Mpd, S., & Jember, U. (2022). Learning Mathematics Using a Collaborative RME Approach in the Indoor and Outdoor Classrooms to Improve Students ’ Mathematical Connection Ability Learning Mathematics Using a Collaborative RME Approach in the Indoor and Outdoor Classrooms to Improve Stud. September. https://doi.org/10.22342/jpm.16.3.17883.303-324
Pendidikan, J., Indonesia, M., Wahyuni, R., & Sartika, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. 3, 26–31.
Siswa, M., & Sma, D. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi. 2(3), 82–89.
Sulistyowaty, R. K., Kusumah, Y. S., & Priatna, B. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis. 13(2), 153–162.
Wardani, K. W. (2020). Peningkatan keterampilan kolaborasi pada mata pelajaran matematika kelas 4 sd n gendongan 03 melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament ( tgt ). 2(1), 46–52.
Zuhriyah, A. (2022). Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berpikir Matematika Siswa. 2018, 100–108.