Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android dengan Model Discovery Learning Materi Teorema Pythagoras
Keywords:
Instructional media Android, Discover learning, Pythagorean theorem.Abstract
Abstrak: Penggunaan Teknologi Informasi danKomunikasi (TIK) khususnya Smartphone dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP/MTS mampu menyajikan media dalam bentuk aplikasi android. Saat ini pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran matematika masih jarang diterapkan di sekolah, karena belum banyak inovasi. Karena hal tersebut, peneliti mengupayakan dengan mengembangkan suatu media pembelajaran menarik dan interaktif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran android apps model discovery learning yang layak digunakan dan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi pythagoras. Penelitian Ini menggunakan jenis penelitian SLR untuk mengumpulakn berbagai Literatur atau jurnal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pythagoras melalui pembelajaran interaktif berbasis android dengan model discovery learning.
Abstrak: The use of information and commucation technologi(ICT),especially smartphones in mathematics learning at the SMP/MTS level is able to present media in the form of android application .Currently the use of smartphone in mathematics is still rarely immplemented in schools ,because there are not many inovations.Because of tthis researchers try to development an interesting and interactive learning media .this type of research is development research that aims to produce learning media android apps discovery leraning models that are feasible to use and to increase students understanding of mathematical concepts in pythagorean material .this research use the SLR research type to collect various literature or jurnals .this study aims to imprve students mathematics learning autcomes in pythagorean material trough android based interaktive learing with the discovery learning model.
References
Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada KonsepMonera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2555
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007
Ardianti, D., Weni Oktaviani, Iqbal Martha Dimas, Teddy Alfra Siagian, & Ratnah Lestary. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Teorema Pythagoras Pada Jenjang Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 316–324. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.316-324
Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.355
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Garis, P., Lingkaran, S., Aktivitas, M., Siswa, B., Rusdiansyah, A. F., Septriana, Y., Hikmah, N., & Penerapan, N. (2021). Griya. 1, 19–28.
Khuzaini, N., & Yogo Sulistyo, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 178–183.
Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A. Y., Usman, K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery Learning. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(2), 103–108. https://doi.org/10.34312/euler.v9i2.11100
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763
Mahsup, Abdillah, S. (2018). Peningkatan Penguasaan Konsep Lingkaran Dengan Metode Penemuan Bagi Mahasiswa. Paedagoria, 9(2), 91–96.
Muhammad Naufal Faris, Saida Ulfa, H. P. U. (2019). Pembuktian Teorema Pythagoras Berbasis Visual. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 6(1), 8–14.
Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887
Novelina Santoso, A., Ellis Salsabila, & Haeruman, L. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android dengan Model Discovery Learning pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 20 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.21009/jrpms.062.06
Restianingsih, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Pythagoras. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu …, 20(3), 210–222. http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/4915
Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21.
Sardi, M. F., & Anistyasari, Y. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Pendekatan Somatis , Auditori , Visual Dan Intelektual ( SAVI ). Jurnal IT-EDU, 5(1), 389–397.
Siagian, T. A., Matematika, M. P., & Pythagoras, T. (2023). Respon guru dan siswa smp negeri 17 kota bengkulu terhadap media pembelajaran lcr math berbasis android pada materi teorema pythagoras. 7(1), 37–46.
Swasti, M., Hutapea, N. M., & Suanto, E. (2022). Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Discovery Learning Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar …, 5, 87–97. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54345%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/54345/21156