Pelatihan Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Berbasis Video Pembelajaran bagi Guru Taman Kanak-Kanak
Keywords:
Differentiated Learning, Mathematics Learning, Kindergarten Teachers, Learning Videos.Abstract
Abstract: Community service activities are carried out with the aim of providing training and mentoring related to the application of differentiated mathematics learning based on learning videos to improve the understanding of kindergarten teachers. The method of implementing the activities is carried out in 3 ways, namely socialization, demonstration, and mentoring. Participants in community service activities are teachers who teach at Khairul Imam Private Kindergarten (TK) Medan, a total of 6 people and all teachers are female. Evaluation of community service activities is carried out through questionnaires related to the understanding of kindergarten teachers in implementing differentiated mathematics learning based on learning videos. The results of the understanding questionnaire data were analyzed using descriptive statistics. The results of the data analysis showed that there was an increase in the understanding of kindergarten teachers related to differentiated mathematics learning based on learning videos by 71% (good category). The results of the analysis also show that kindergarten teachers are motivated to implement differentiated mathematics learning with the help of interesting learning video integration for early childhood.
Abstrak: Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan terkait penerapan pembelajaran matematika yang berdiferensiasi berbasis video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman para guru taman kanak-kanak. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan 3 cara, yakni sosialisasi, demonstrasi, dan pendampingan. Peserta kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah para guru yang mengajar di Taman Kanak-Kanak (TK) Swasta Khairul Imam Medan yang berjumlah 6 orang dan keseluruhan guru berjenis kelamin perempuan. Evaluasi kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan melalui pemberian angket terkait pemahaman para guru taman kanak-kanak dalam menerapkan pembelajaran matematika berdiferensiasi berbasis video pembelajaran. Hasil data angket pemahaman dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis dataa angke pemahaman menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman para guru taman kanak-kanak terkait pembelajaran matematika berdiferensiasi berbasis video pembelajaran sebesar 71% (katagori baik). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa para guru taman kanak-kanak termotivasi untuk menerapkan pembelajaran matematika yang berdiferensiasi dengan bantuan integrasi video pembelajaran yang menarik bagi anak usia dini.
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Chundri, L. A., & Zulminiati, Z. (2023). Pengaruh Video Animasi Powtoon Terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 27 Bungo Pasang Padang. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 6(2), 1–8.
Dafitri, R. S., Hasrul, Rafni, A., & Bakhtiar, Y. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar melalui Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sijunjung. Journal of Education, Cultural, and Politics, 2(2), 175–183.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 257–265.
Mirawati, I. G. A., Suwastini, N. K. A., Haryanti, N. D., & Jayantini, I. G. A. S. R. (2022). Differentiated Instructions: Relevant Studies on Its Implementation. PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 17(01), 11–21. https://doi.org/10.23887/prasi.v17i1.41867
Musrikah. (2017). Pengajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(1), 153–174.
Nabila, Y., & Mushlih, A. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Anak Usia Dini di TK Dharmawanita Batangsaren 1 Tulungagung. MURANGKALIH : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 19–29.
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.
Nurmaliza, A., & Saridewi. (2023). Efektivitas Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Di Taman Kanak-Kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 10–18. https://doi.org/10.30736/jce.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Naskah Akademik-Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar (M. Purba, M. Y. Saad, & M. Falah (eds.)). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.
Tomlinson, C. A. (2017). How To Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms (3rd Editio). ACSD.
Yuliani, D., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 96–105.