Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Kebiasaan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Authors

  • Khaerunnisa Khaerunnisa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ardilansari Ardilansari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Muhammad Nizaar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Inang Irma Rezkillah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nurul Julaifah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram

Keywords:

Social environment, Growth and development, Early childhood.

Abstract

Abstrak: Tumbuh kembang merupakan dua peristiwa yang sifatnya berbeda, tetapi saling berkaitan dan sulit dipisahkan, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang, secara umum di golongkan menjadi tiga kebutuhan dasar yaitu kebutuhan asuh, asih, dan asah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap kebiasaan tumbuh kembang anak usia dini dan mengetahui bagaimana orang tua merawat tumbuh kembang anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian bahwa lingkungan sosial sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak karena anak bisa mengeksplor banyak hal tanpa adanya paksaan, akan tetapi lingkungan sekitar mendukung proses perkembangannya dan bisa berinteraksi baik dengan teman sebaya,orang tua maupun orang dewasa.

Abstract: Growth and development are two events that are different in nature, but are interrelated and difficult to separate, namely growth and development. The basic needs of children for growth and development are generally classified into three basic needs, namely fostering, loving and caring needs. The purpose of this study was to determine the influence of the social environment on the growth and development habits of early childhood and to find out how parents care for growth and development. early childhood. The method used in this study is the Systematic Literature Review (SLR) method. The results of the study show that the social environment is very important in the process of child development because children can explore many things without coercion, but the surrounding environment supports their development process and can interact well with peers, parents and adults.

References

’Afiifah, K., Azzahra, Z. F., & Anggoro, A. D. (2022). Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review. Intech, 3(2), 18–22. https://doi.org/10.54895/intech.v3i2.1682

Abdul Azis Saputra, I., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Pengaruh Lingkungan Terhadap Tumbuhnya Jiwa Nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 2(1), 1–5. https://journal.actual-insight.com/index.php/konstruksi-sosial/article/view/893

Ariyati, T. (2016). Parenting Di PAUD Sebagai Upaya Pendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 1–270.

Dewi, L. A. P. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Dan Tumbuh Kembang Anak. Pratama Widya, 2(2), 83–91.

Gani, A. A., & Suriyawati, S. (2019). Pengaruh Partisipasi Orang Tua Siswa Terhadap Motivasi Anak Sekolah di Madrasah Aliyah Hidayatullah Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 79. https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.850

Ghufron, S. (2022). Kesalahan Kalimat Pembelajar Bahasa Indonesia: Sebuah Systematic Review. Jurnal Basicedu, 6(2), 1724–1737. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2216

Hebatullah, H. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Bagi Anak Terhadap Perkembangan Anak. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/62kw3

Innike, I., & Purwanti, A. (2016). Pengaruh Pelatihan Stimulasi Keluarga oleh Ibu dalam Bentuk Tulisan dengan Gambar terhadap Perkembangan Anak Usia Kurang dari 3 Tahun. Sari Pediatri, 16(4), 284. https://doi.org/10.14238/sp16.4.2014.284-91

Julaiha, J., Islahudin, I., & Sabaryati, J. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbantukan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Di Mts Negeri 3 Mataram. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 3(2), 1. https://doi.org/10.31764/orbita.v3i2.1001

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785

Mus, A. H. (2018). Di Depan Umum Pada Anggota Pramuka. 1(1), 34–40.

Nabila Putri Widya Ningrum, Fatma Mayang Jelita Pane, Seri Indah Yani, K. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Perannya dalam Membangun Karakter dan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Nabila Putri Widya Ningrum, Fatma Mayang Jelita Pane, Seri Indah Yani, Khadijah. 98–102.

Nopriansyah, U. (2020). Pengembangan Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Untuk Pemantauan Deteksi Dini Tumbuh Kembang ( DDTK ) ANAK USIA 4-6 TAHUN karakter bangsa ( Udu et al ., 2019 ). Hasil Riset Kesehatan Dasar ( Riskesdas ) 2010 tentang penyebaran status gizi balita pada Prov. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 98–111.

Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34–47.

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127

Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/peternakan

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Setianingrum, S., Desmawati, L., & Yusuf, A. (2017). Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 137–145. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.13891

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING (Jurnal Program Studi PGRA), 6(1), 84–88.

Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas, 1(1), 39. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2258

Wulandari, U. R., Budihastuti, U. R., & Poncorini. (2017). Analysis of Life-Course Factors Influencing Growth and Development in Children under 3 Years Old of Early Marriage Women in Kediri. Journal of Maternal and Child Health, 02(02), 137–149. https://doi.org/10.26911/thejmch.2017.02.02.05

Downloads

Published

2023-07-07

Issue

Section

Articles