Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Pengenalan Budaya Sasak Terhadap Peserta Didik

Authors

  • Indriwati Wahyuni Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rina Gustina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Muhammad Nizar Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Deviana Mayasari Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Saddam Saddam Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sri Rejeki Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Mataram

Keywords:

Learning media, Audio visual, Sasak culture.

Abstract

Abstrak: Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu bagian dari salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan, terutama di Universitas Muhammadiyah Mataram khususnya mahasiswa jurusan keguruan, jurusan teknik, jurusan ilmu gizi, jurusan pertanian dan lainnya. Dalam pengabdian ini melibatka mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram dari Prodi Pancasila dan kewarganegaraan. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah Pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam pengenalan budaya sasak terhadap peserta didik. Metode pengajaran audio visual merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio visual. Sesuai dengan namanya, media audio visual merupakan kombinasi atau perpaduan audio dan visual. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membekali para peserta didik dalam memperkenalkan budaya sasak ke para peserta didik sanggar bimbingan Kepong, Malaysia, dengan pengenalan budaya sasak ini secara aktif dan komunikatif baik lisan maupun tulisan melalui kegiatan beraudio visual. Penelitian ini menggunakan metode Sysematic Literature Review (SLR). Hasil dari kegiatan yang telah dilakukan ini memberikan dampak positif bagi peserta didik. Penerapan metode pengajaran Audio-Visual untuk pengenalan budaya sasak, hal ini dapat dilihat dari tingkat kepercayaan diri para peserta didik untuk berkolaborasi dengan menerapkan budaya sasak berkomunikasi dengan enggunakan bahasa Inggris setelah dilakukan pelatihan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat terus berlanjut sesuai dengan tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat itu sendiri.

Abstract: This Community Service activity is one part of one of the compulsory courses for students of undergraduate and applied undergraduate programs, especially at the Muhammadiyah University of Mataram, especially students majoring in teacher training, engineering majors, nutrition science majors, agriculture majors and others. In this service, students from Mataram Muhammadiyah University were involved from the Pancasila and Citizenship Study Program. The activities carried out in this service are the use of audio-visual learning media in introducing Sasak culture to students. The audio-visual teaching method is a way of producing and delivering material using mechanical and electronic equipment to present audio-visual messages. As the name implies, audio-visual media is a combination or combination of audio and visual. The purpose of this service activity is to equip students to introduce Sasak culture to Kepong Guidance Studio students, Malaysia, with an active and communicative introduction to Sasak culture both orally and in writing through audio-visual activities. This study uses the Sysematic Literature Review (SLR) method. The results of the activities that have been carried out have a positive impact on students. The application of the Audio-Visual teaching method for the introduction of Sasak culture, this can be seen from the level of confidence of the students to collaborate by implementing the Sasak culture to communicate using English after the training. This community service activity is expected to continue in accordance with the objectives of Community Service itself.

References

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal History of Education, 3(1), 40–45.

Budhayanti, ika sari, Wijayanti, C. H., Dirgantara, S., Emmily, & Vanessa. (2022). Analisis Instruksional Pembelajaran Terpadu Berbasis Literasi Budaya Pada Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 70–81.

Burumi, Y. A., & Watini, S. (2022). Penggunaan Channel TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi IV Serui. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3491–3498. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.863

Dalam, P., & Teori, P. (2022). Pembelajaran dalam pandangan teori belajar. 16(1), 13–30.

Eka Mayasari Sriwahyuni, D., Afandi, A., & Pendidikan Sejarah, P. (2021). Masyarakat Arab Dan Akulturasi Budaya Sasak Di Kota Mataram (Tinjauan Historis). Historis: Jurnal …, 6(1), 40–47. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/7418%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/download/7418/pdf

Faujiah, N., Septiani. A.N, Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. Jurnal Telekomunikasi, Kendala Dan Listrik, 3(2), 81–87.

Herianto, A. (2014). Hefektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Geografi Siswa Kelas VII SMPN 21 Mataram. 9(1), 14–24.

I gede Yudarta, I. nyoman P. (2015). Revitalisasi Musik Tradisional Prosesi Adat Sasak Sebagai Identitas Budaya Sasak. Journal, 3, 367–375. https://www.mendeley.com/catalogue/719be83b-817f-3979-8577-16dcdbebd9c1/?utm_source=desktop&utm_medium=1.16&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B250b5b85-5af1-4f56-bfd5-fcc2c0fc8330%7D

Ikawati, H. D., & Anwar, Z. (2021). Pengembangan Sumber Belajar Muatan Lokal Bahasa Sasak Halus. Journal Scientific of …, 2(11), 582–590. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/488%0Ahttp://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/download/488/390

Mariyati, Y., & Hastuti, I. D. (2022). Pengembangan E-Modul Geometri Berbasis Budaya Sasak Sebagai Sumber Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 175. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9707

Muhardini, S., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Sd Berbasis Buletin Board Display Untuk Membentuk Kemampuan Literasi Siswa. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 1(2), 74–82. https://doi.org/10.47165/jpin.v1i2.29

Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & ... (2019). … Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal …, 2(1), 43–49. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/3443

Subagio. (2019). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 209–222.

Sugitanata, A., Karimullah, S. S., & Sunardi, H. (2023). Hukum Perkawinan di Masyarakat Sasak Lombok Nusa Tenggara Barat ( Analisis Produk Hukum Perkawinan Masyarakat Sasak Lombok Nusa Tenggara Barat ). 4(1), 19–39.

Winata, A., Mayasari, D., & Yunus, M. (2022). Media Massa dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri di Desa Kopang Rembiga, Kec. Kopang Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(2), 263–276. http://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/10488

Downloads

Published

2023-07-09

Issue

Section

Articles