Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Berbasis Karakter pada Siswa Berkebutuhan Khusus
Keywords:
Learning model, Character Based, Students in need, Special.Abstract
Abstrak: Siswa berkebutuhan khusus adalah siswa yang mengalami hambatan atau keterbelakangan fungsi kecerdasan atau intelektual, serta keterlambatan dalam fungsi fisik sehingga membutuhkan pelayanan pendidikan khusus agar bisa mengembangkan kemampuan yang dimiliki secara optimal. Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus tentu memberikan tantangan tersendiri bagi sekolah maupun guru yang mengajar mereka. Anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kelainan atau kategori (kekurangan dan kelebihan) yang berbeda-beda disetiap anak. Tujuan dilakukanya Penelitian ini untuk mengetahui program kegiatan pembiasaan apa saja yang paling efektif dilaksanakan untuk membentuk karakter Siswa. Penelitian Ini menggunakan jenis penelitian SLR untuk mengumpulakan berbagai Literatur atau jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis karakter secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran pkn pada siswa berkebutuhan khusus. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman konsep pkn, partisipasi aktif dalam diskusi, pengembangan sikap positif terhadap nilai-nilai kewarganegaraan, dan kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan sosial, kerjasama, dan penghargaan terhadap keberagaman.
Abstract: Students with special needs are students who experience obstacles or underdevelopment of intelligence or intellectual functions, as well as delays in physical functioning so that they require special education services in order to develop their abilities optimally. Education for children with special needs certainly provides its own challenges for schools and teachers who teach them. Children with special needs have different categories or categories (weaknesses and strengths) for each child, and this is what makes them one of the challenges. The purpose of conducting this research is to find out what habituation activity programs are most effectively carried out to shape the character of students. This research uses the SLR research type to collect various literature or journals. The results of this study indicate that the habituation method is very effective in strengthening character education for students with special needs.
References
Amka. (2019). Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 86–101. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1234
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194.
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007
Asfiati, A., & Mahdi, N. I. (2020). Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 59. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9620
Bidaya, Z., & Dari, S. M. (2020). Revolusi Mental Melalui Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Kota Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 51. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2861
Brebahama, A., Triman, A., & Kumalasari, D. (2020). Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Instruktur, Konselor, dan Relawan Yayasan Mitra Netra dan Persatuan Tunanetra Indonesia. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 75. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.4792
Darmawan, D. (2019). Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ermawati, I. R., Andita, A., Fitriana, A., Andryastuti, A., & R, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Fotonovela Fisika Menggunakan Android Berbasis Karakter untuk Siswa Tuna Rungu ( SLB – B ). JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 34–40. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.638
Hakim, M. L. (2020). Multimedia Interaktif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.5903
Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dalam memahami bahasa. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(1), 5–11. https://doi.org/10.26555/jg.v2i1.2051
Hamidaturrohmah, H., & Mulyani, T. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusi Era Pandemi Covid-19. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(2), 247. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7907
Hermanto, H., & Supena, A. (2020). Implementassi Pembelajaran Daring Bagi Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 188–194. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.635
Hoar, A. Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMPK St. Isidorus Besikama. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.32938/jipm.6.1.2021.1-7
Irawan, A., & Febriyanti, C. (2018). Pembelajaran Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 99. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.509
Irvan, M. (2020). Urgensi Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dini. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 108. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p108-112
Islam, J. P. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus : SlB ‘Aisyiyah Tembung). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 93–103. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i2.49
Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Budi, S. (2020). Pengalaman Belajar Daring Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pandemi Covid-19 Di Sd Inklusif. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(2), 359. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8040
Jauhari, M. N., Mambela, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhapad Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2594
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763
Muchtar, A. D. (2018). Implementasi Kurikulum Pai 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Smplb Bhakti Kencana Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 70–78. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.16
Nela, R. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 19–25.
Ramadania, F., Kisyani, & Mintowati. (2020). Pengembangan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 208–215.
Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21.
Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745
Sukadari, S. (2020). Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Kelas Rendah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 339–351. https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.820
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304
Widana, I. W. (2022). Widyadari Studi Eksploratif : Kemampuan Guru SLB Mengembangkan Asesmen Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Provinsi Bali Siswa berkebutuhan khusus adalah siswa yang mengalami hambatan atau keterbelakangan fungsi kecerdasan atau intelektual , serta ket. 23(2), 427–442. https://doi.org/10.5281/zenodo.7191533
Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. (2021). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 54–71. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.6
Zulyan, Z., Yolandari, J., Qurniati, A., & Hasibuan, M. (2020). Studi tentang Individualized Education Program (IEP) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Pembelajaran PPKn. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 385–393. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1865