Pengembangan RPP Model Pembelajaran PAKIM Berbasis Budaya Karo “Nganting Manukâ€
Keywords:
Budaya Karo, Nganting Manuk, PAKIM, RPP.Abstract
Abstract: The lesson plan (RPP) is a document detailing the concrete steps to be taken to carry out the learning process. The learning implementation plan explains the learning objectives, the teaching strategies to be used, the resources needed, as well as the scheduling and evaluation of learning. This plan provides guidance to educators on how to organize and manage learning effectively, and ensure that learning objectives are achieved. The purpose of this research is to develop lesson plans documents that are relevant to the Karo Culture-based PAKIM learning model, namely "Nganting Manuk". The method used is development research with a 4D model. The result of the development research is that a valid learning implementation plan document is obtained.
Abstrak: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah dokumen yang merinci langkah-langkah konkret yang akan diambil untuk melaksanakan proses pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran menjelaskan tujuan pembelajaran, strategi pengajaran yang akan digunakan, sumber daya yang diperlukan, serta penjadwalan dan evaluasi pembelajaran. Rencana ini memberikan panduan bagi pengajar tentang bagaimana mengorganisir dan mengelola pembelajaran secara efektif, serta memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dokumen RPP yang relevan dengan model pembelajaran PAKIM berbasis Budaya Karo yaitu “Nganting Manukâ€. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Hasil dari penelitian pengembangan adalah diperoleh dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran yang valid.
References
Bina, N. S., Ramadhani, R., Sihotang, S. F., Nasution, R., Utama, P., Utara, S., Pembelajaran, M., & Matematis, K. (2022). PENGARUH MODEL ICAP TERHADAP KEMAMPUAN. 4(2), 195–203.
Ghufron, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.12449
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74–81. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.1841
Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Narimo, S., & Novitasari, M. (2017). Pembentukan Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Varidika Kajian Penelitian Pendidikan, 39–44.
Pamungkas, J., Hayati, N., & Maryatun, I. B. (2016). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 831–839. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389
Prinst, D. (2017). Adat Karo. Penerbit Bina Media Perintis.
T Heru Nurgiansah. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA sekolah dasar berbasis problem-based learning untuk siswa learning disabilities Development of primary school natural science lesson plan based on problem-based learning for learning disabilities students. INovasi Pendidikan IPA, 4(2), 191–202. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi